BKKBN Sumbar Berkolaborasi Dengan Rumkit TNI-Polri Gelar Baksos ke Lapas Kelas IIB Anak Aia

  • Bagikan
Padang-  BKKBN Sumbar  berkolaborasi dengan Kagamadok asosiasi RS TNI-Polri Kemenkumham, Koseindo, YHKI dan komponen lainnya mengelar Bahkti Sosial (Baksos) dan Pengabdian masyarakat serentak di rutan kelas 2 B Anak Aia Padang, Sabtu (5/2/2022).
Kepala BKKBN Sumbar, Fatmawati, ST, M. Eng kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan pengobatan gratis bagi warga lapas kelas IIB Anak Aia dan masyarakat sekitar lapas
“Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di 30 daerah di Indonesia melalui meeting zoom di berbagai lapas yang juga dihadiri Kemenkes RI, Kemenkumham, Kepala BKKBN RI Bapak Hasto, ” ujarnya.
Dia menambahkan, selain mengelar pengobatan gratis, vaksin BKKBN Sumbar juga memberikan penyuluhan kepada warga binaan tentang kesehatan Reproduksi dan NAPZA, pelayanan Iva serta pemeriksaan untuk mendektesi kanker serviks serta pelayanan KB
“Baksos yang kita gelar ini diantaranya pelayanan tes Iva, pemeriksaan untuk mendeteksi kanker serviks, penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi dan NAPZA,  Vaksin serta pelayanan KB dalam hal ini kita menargetkan 100 peserta yang mengikuti penyuluhan ini, ” ungkapnya.
Sementara itu  karumkit TNI Reksodiwiryo dr. Faisal Rosady,Sp. An menyambut baik  kegiatan yang digelar pertama kalinya secara serentak seluruh Indonesia sehingga tercatat di rekor MURI.
“Kegiatan yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat sekali baik bagi warga lapas maupun masyarakat di sekitar lapas, semoga ini bisa dijadikan agenda tahunan nantinya, ” ujarnya.
Hal yang sama juga disampaikan,
Karumkit RS bhayangkara kompol dr. Andrean Lesmana, M. Ked(paru) Sp. P yang siap untuk mensukseskan kegiatan ini.
“Banyak mafaat yang didapat dari kegiatan Baksos serentak ini, kita dari Rumkit Bhayangkara siap bekerja sama baik dalam hal pelayanan rawat jalan maupun rawat inap karena sebwlumya kita juga sudah bekerjasama dengan lapas Anak Aia dalam hal menangani pasien di lapas ini, ” ungkapnya.
Ka rutan kelas II B Padang M. Mehdi, A. Md, IP, S. Sos, M. Sium menyambuat baik sekaligus memberikan apeesiasi kepada BKKBN dan Rumkit Reksodiwiryo dan Bhayangkara atas kerjasamanya ini.
“Kami sangat terbantu sekali  dengan adanya Baksos serentak ini, sehingga para tahanan disini bisa berobat sekaligus melaksanakan vaksin dan juga penyuluhan-penyuluhan yang diberikan oleh BKKBN Sumbar sendiri, ” pungkasnya. (Naldi)
  • Bagikan