Anugerah SPIE 2021 Berkualitas Dunia dengan Benefit Rp56,5 Miliar

  • Bagikan

PADANG- Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia pada umumnya telah memasuki tahun ketiga. Namun demikian, situasi pandemi yang terjadi sejak awal tahun 2020 itu, rupanya tidak menyurutkan langkah para inovator di PT Semen Padang untuk terus berkarya.

Dan itu terbukti dari banyaknya ide inovasi yang ikut serta pada ajang tahunan Semen Padang Improvement Event (SPIE) tahun 2021 yang berjumlah 263 dengan rincian, 19 persen inovasi dan 81 persen focus improvement.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 122 ide inovasi terdaftar sebagai peserta ajang SPIE tahun 2020-2021. Dimana pemenangnya, diumumkan secara virtual melalui aplikasi Microsoft Teams, Selasa (22/2/20220).

Direktur Kuangan PT Semen Padang Tubagus Muhammad Dharury mengapresiasi semua inovator PT Semen Padang yang ikut bersaing pada ajang SPIE, apalagi jumlah peserta inovasinya 403 orang atau 35 persen dari total 1145 karyawan PT Semen Padang.

“Saya bangga dengan ajang SPIE ini, meski pandemi masih berlangsung, tapi animo karyawan untuk ikut bersaing diajang SPIE luar biasa banyaknya,” kata Tubagus seraya mengingatkan semua karyawan untuk tetap menerapkan prokes.

Inovator PT Semen Padang, sebut Tubagus, sudah sering mendapatkan penghargaan internasional. Ada penghargaan platinum, gold dan lain sebagainya yang telah diraih dan tentunya semua penghargaan tersebut, berawal dari ajang SPIE ini.

“SPIE ini merupakan ajang berkualitas dunia, karena hasil inovasi dari ajang SPIE ini juga diikutkan untuk ajang inovasi tingkat internasional. Jadi, selamat untuk para pemenang SPIE. Terus pertahankan dan tingkatkan inovasinya untuk Semen Padang yang lebih baik,” ujarnya.

Senior Total Productive Maintenance Officer (TPM) PT Semen Padang Zulkarnaen menambahkan, dari 403 karyawan yang berpartisipasi di ajang SPIE, 186 di antaranya merupakan karyawan dari kelompok milenial dan sisanya dari non-milenial.

Sementara dari sisi gender, sebanyak 383 inovator adalah karyawan dan sisanya karyawati. Ajang SPIE kali ini, inovasi dan focus improvement dibagi menjadi tiga ketegori, yaitu Gugus Kendali Mutu, Proyek Kendali Mutu dan Sistem Saran.

“Untuk potensi benefit inovasi dan focus improvement 2021 diperkirakan mencapai Rp56,5 miliar,” kata Zulkarnaen.

Terkait anugerah SPIE tahun 2021, Zulkarnen mengatakan ada 35 tim inovator yang meraih penghargaan SPIE 2022-2021. Dari jumlah tersebut, 7 di antaranya mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu Platinum. Sedangkan anugerah Gold diraih oleh 12 tim inovator dan Silver 16 tim inovator.

Untuk 7 tim inovator peraih anugerah Platinum, 3 di antaranya diraih oleh tim inovasi dari Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku, yaitu RETURN IDLER, BONUS (LINER) dan PKM BATUBUSUK. Sedangkan sisanya, diraih inovator dari Departemen Pemeliharaan, Unit Sistem Manajemen dan dari Unit Quality Assurance.

RETURN IDLER di kategori Gugus Kendali Mutu dengan judul inovasi Mengurangi Laju Kerusakan Idler Akibat Tumpukan Material Sisa dengan Memodifikasi Dudukan Shaft Idler di Belt Conveyor 6A1J07 & 6A1J08 Selama 10 bulan.

PKM BATUBUSUK untuk kategori Proyek Kendali Mutu dengan judul inovasi Menurunkan DownTime Gangguan Trafo 5 MVA Pabrikan Beijing Transformer 1994 dengan Memodifikasi Conservator Tank dan Accessories ex-Trafo PLTD 2
Pabrikan Trafindo di PLTA Kuranji Tahun 2021.

“Sedangkan tim BONUS (LINER) untuk inovasi kategori Proyek Kendali Mutu, judul inovasinya adalah Substitusi Material Liner Plate Pos 27, 28 Dan 29 LSC VI untuk Optimasi Biaya,” ujar Zulkarnaen.

Kemudian dari Departemen Pemeliharaan yang meraih anugerah Platinum, lanjut Zulkarnaen, diraih oleh dua tim inovator, yaitu tim BRIDGE di kategori Gugus Kendali Mutu dan tim AUTOPED untuk kategori Proyek Kendali Mutu.

Tim BRIDGE, judul inovasinya Menurunkan Durasi dan Meningkatkan Akurasi Analisa Trouble Shooting Kiln Drive sehingga Menghindari Kehilangan Produksi, Kerugian Bahan Bakar dan Salah Tindakan Troubleshooting.

“Sedangkan tim AUTOPED, judul inovasinya adalah Menurunkan Waktu Validasi dan Approval Temuan Abnormalitas dari 1 Hari Menjadi < 2 Jam dengan Membuat Aplikasi “On-Man” Berbasiskan IOT di Pabrik Indarung 6," bebernya.

Untuk Unit Quality Assurance yang meraih anugerah Platinum, adalah tim KIM PRO dengan judul inovasi Efisiensi Penggunaan Bahan Kimia Sebesar 94.10 persen dengan Substitusi Katalis Sr(NO3)3 dengan BaCl2 pada Pengujian Kapur Bebas di Laboratorium Quality Assurance PT Semen Padang Tahun 2021 untuk kategori Sistem Saran.

"Kemudian dari Unit Sistem Manajemen yang mendapatkan anuegrah Platinum, diraih oleh tim inovasi DATAMIND dengan judul Corporate Performance Management and Analytical Dashboard untuk kategori Proyek Kendali Mutu," kata Zulkarnaen.

Berikut nama-nama tim inovasi peraih SPIE

Platinum

RETURN IDLER (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
PKM BATUBUSUK (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
BONUS (LINER) (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
BRIDGE (Departemen Pemeliharaan)
AUTOPED (Departemen Pemeliharaan)
DATAMIND (Unit Sistem Manajemen)
KIM PRO (Unit Quality Assurance)

Gold

MEN-BRICK (Departemen Bisnis Inkubasi Non Semen)
BONUS (GRATE) (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
INTERBUS (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
PELITA (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
FAST TRACK (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
ULTIMEG (Departemen Pemeliharaan)
TIM PRO (Departemen Produksi Semen)
SPRAY (Departemen Produksi Klinker)
PROFESSOR MUDO (Departemen Pemeliharaan)
AQUAMAN (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
PANDEKA (Departemen Tambang dan Pengelolaan Bahan Baku)
PLANNER (Departemen Pemeliharaan)

Silver

SEI. LIMAU LIMAU (Departemen Rendal Produksi)
JOLALI (Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan)
VSD FM 23 (Departemen Pemeliharaan)
PUMP 2 FM 23 (Departemen Produksi Semen)
TOPLES (Departemen Produksi Semen)
ASISTEN (Unit Sistem Manajemen)
BADUNSANAK (Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan)
JODUMEH (Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan)
OPSI (Departemen SDM dan Umum)
SINOVAC (Departemen SDM dan Umum)
BLI CARE (Departemen Pemeliharaan)
GUGUS GENBA 4K2 (Departemen Pemeliharaan)
ASSESOR (Departemen Pemeliharaan)
STRANGE IR (Departemen Pemeliharaan)
FLUKE (Departemen Pemeliharaan)
PUMP 1 FM 23 (Departemen Produksi Semen)

  • Bagikan