Acara Babako Penghulu Air Haji Karumah Bupati Pessel

  • Bagikan

Painan-Penghulu dan ninik mamak Air Haji Linggo Sari Baganti kompak, mereka menggelar acara babako ke rumah Bupati Pesisir Selatan. Terlihat di barisan penghulu, tokoh Sumbar sekaligus Ketua PKPS Sengaja Budi Syukur Dt Bandaro Jambak.

“Hari ini (1 Februari 2022), saya bersama para penghulu, para datuak, niniak mamak yang tergabung di KAN Air Haji serta para tokoh masyarakat, bundo kanduang dan pemuda-pemudi masyarakat di Nagari Air Haji Kecamatan Linggo Sari Baganti babako ke rumah Bupati Pesisir Selatan, bapak Rusma Yul Anwar,”ujar Budi Syukur.

Acara Babako ini sebuah tradisi turun temurun biasanya dilakukan dalam rangka mengunjungi anak pisang. ” Babako ke rumah Pak Bupati, terkaitakan dilaksanakan pernikahan anak pisang kami, (putri tercinta bupati) yang bernama lengkap drg Dayu Annesti Vianna dengan Randa Anugrah ST,”ujar Budi Syukur Bupati Pessel kata Budi akan baralek gadang, Bupati Rusma Yul Anwar akan melangsungkan akad nikah putrinya pada 2 Februaru 2022.

“Pesta pernikahan atau Alek Gadangnya 6 febuari 2022 bertempat di rumah Dinas Bupati Pesisir Selatan di Painan,” terang Tokoh Amazing 2021 ini. Para bako datang dari Air Haji sekitar 50 kendaraan , sebanyak 400 orang yang beriringan.

“Kami ninik mamak dan anak kemenakan rang Air Haji konvoi, berangkat pukul 13.00 Wib, sampai di Painan 16.00 Wib,” ujar Budi Syukur yang 31 Januari kemarin dilantik menjadi Wakil Ketua LKAAM Sumbar.

Ada nuansa bahagia di pai babako (pergi babako), apalagi para bundo kanduang Air Haji lengkap dengan bawaannya yang dijunjung sekiar 100 meter dari rumah dinas bupati. “Tradisi yang menunjukan silaturahmi antar anak pisang, berat dijunjung tapi kaum bundo kanduang terlihat bahagia menjalani prosesi adat ini,” ujar Budi Syukur.

Di depan barisan bundo kanduang para penghulu, niniak mamak dan masyarakat Air Haji lrngkap dengan kerbau dan sapi. “Semua barang bawaan sebagai syarat adat itu diperoleh secara suka rela. para kaum bako mengumpulkan uang untuk membeli satu ekor kerbau dan satu ekor sapi untuk diserahkan langsung pada anak pisang yang diterima mamak, bapak Rusma Yul Anwar dari Ketua KAN atau Rajo Adat Air Haji Abdul Hakim Sutan Rajo Mudo, SH,”ujar Budi Syukur Dt Bandaro Jambak.

Pantauan ratusan pasang mata terhadao acara adat di Painana tadi sore, sarat dengan susana keakraban dan kekeluargaan antar anak pisang dan bako. Pancaran bahagia terlihatbdi wajah Bupati Rusma Yul Anwar ynag merasa tidak sendiri menlakukan kerja baik yakni menikahkan dan mamparalekan putrinya.

“Pai Babako adalah tradisi turun temurun di pesisir selatan, yang selalu dilestarikan, ” ujar Budi Syukur yang disebut maju DPR RI pada Pemilu 2024 nanti. (rls)

 

  • Bagikan