Matangkan Persiapan Hadapi Lomba UKS, MAN I Padang Optimis Raih Hasil Terbaik

PADANG – MAN 1 Padang tengah mempersiapkan diri menghadapi lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Kota Padang yang penilaiannya akan dilaksanakan akhir bulan September ini. MAN 1 Padang merupakan sekolah/madrasah yang mewakili Kecamatan Kuranji dalam penilaian tingkat kota tersebut.
Kepala MAN 1 Padang Afrizal mengatakan, lomba UKS ini bertujuan untuk mewujudkan budaya hidup bersih dan lingkungan yang sehat yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup warga madrasah.
Ia memaparkan, persiapan yang dilakukan dalam menghadapi lomba tersebut adalah membentuk tim, membenahi sarana dan prasarana lingkungan, melengkapi fasilitas kesehatan, dan membekali siswa dengan pendidikan kesehatan, serta menciptakan lingkungan madrasah yang bersih dan sehat.
“Banyak hal yang harus kita persiapkan, untuk itu kita telah membentuk tim khusus untuk menghadapi lomba UKS ini,” terang Afrizal yang biasa disapa Abah, Selasa (10/9/2024).
Menurutnya, di antara persiapan dalam bidang sarana prasarana adalah membangun WC representatif bagi siswa sebanyak 10 unit dan membenahi saluran air atau drainase.
Lebih lanjut Abah mengatakan, perilaku hidup sehat seyogyanya tidak hanya menjadi slogan saja, namun sudah semestinya menjadi kebiasaan hidup sehari-hari. Baik, di lingkungan madrasah maupun di rumah masing-masing.
“Bukan hanya karena ada lomba saja, tetapi memang ini sudah menjadi kebiasaan dan budaya siswa MAN 1 Padang. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah prestasi yang diraih sebelumnya, seperti juara III Lomba UKS Madrasah tingkat Sumbar,” ungkapnya.
Ia menegaskan, kegiatan ini bukan sekadar tentang perlombaan, melainkan suatu sarana membentuk ‘ecological system’ yang mampu menerapkan Tri UKS dengan baik yaitu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.
“Jadi, anak-anak kita diberi pengetahuan tentang sadar kebersihan, bukan untuk diri sendiri saja, tapi lingkungannya juga harus bersih,” kata Abah.
Lebih jauh dia menambahkan, dengan para pelajar yang sehat maka akan lebih mudah membentuk generasi muda berakhlaqul karimah.
“Artinya, jika kesehatan terjaga maka pelajar akan sehat secara fisik, kuat mental, dan akhlaknya baik,” tuturnya.
Abah optimis dengan segala persiapan yang telah dilakukan, MAN 1 Padang bisa meraih juara di tingkat Kota Padang.
Ia juga menyinggung bahwa hal lain yang juga tak kalah penting adalah pencegahan aksi perundungan atau aksi bullying di lingkungan sekolah. Sebab, sehat tak hanya secara fisik namun juga sehat secara mental. Untuk itu, pihaknya memasang sejumlah banner ‘anti bullying’ di lingkungan sekolah sebagai guna membentuk kesadaran kolektif siswa agar menjauhi perbuatan tersebut.
“Harapan ke depan, MAN 1 Padang lebih dikenal secara luas dalam skala nasional dengan segala prestasi terbaik,” pungkas Abah mengakhiri (Naldi)