Tim Sipakrago Jiluju Terbaik, Festival Sipakrago Resmi di tutup Evi Yandri Rajo Budiman 

 

PADANG-Anggota DPRD Sumatera Barat, Evi Yandri Rajo Budiman tutup alek Festival Sipakrago Pauh IX Cup 2024 se Sumbar di Rimbo Tarok, Pauh IX Kuranji Kota Padang, Minggu  malam (18/8/2024). Dalam festival ini Tim Sipakrago Jiluju didaulat tim terbaik dari 28 tim peserta.

Evi Yandri Rajo Budiman mengharapkan, permainan tradisi anak nagari ini kembali eksis lestari di tengah tengah masyarakat Minang. “Tidak hanya lagi dikenal di dua kabupaten dan kota saja seperti di Kota Padang dan Kabupaten Padangpariaman,” ujarnya.

Tapi hendaknya, ujar Ketua FKAN Pauh IX ini, lebih dikenal luas di alam Ranahminang ini, kayak seperti sebelumnya. Maka dalam hal ini perlu langkah sinergitas Penprov Sumbar melalui Disbud dengan SKPD terkait di pemerintahan kabupaten dan kota se Sumbar.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar diwakili Kasi Pelayanan dan Edukasi, M David mengapresiasi Anak Nagari Pauh IX Kuranji yang sukses mengelar Festival Sipakrago dan ucapan selamat kepada tim-tim terbaik.

“Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses ini tak terlepas dari dukungan dan kerjasama kita semua sehingga. Untuk itu secara pribadi dan lembaga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan festival ini yang dari awal sampai berakhirnya, “ujarnya.

“Dan saya juga ucapkan terimakasih kepada bapak Evi Yandri Rajo Budiman anggota DPRD Sumbar melalui dana pokok-pokok pikiranya menginisiasi terlaksananya kegiatan ini,, ” tambahnya.

Olahraga tradisi permainan rakyat ini sangat baik dalam menjaga silaturahmi. Kemudian juga bisa megantisipasi generasi dari perbuatan perbuatan yang mengarah ke ke pergaulan negatif. Antara lain, kenakalan remaja, gank motor, begal, Narkoba dan lain lain.

Permainan anak nagari Minang ini nyaris hilang. Tapi sekarang sudah mulai menggeliat kembali. Bahkan , sudah mulai menggeliat di dua daerah di Kota Padang dan Padangpariaman. Namun, diharapkan kembali eksis di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Festival Sipakrago se-Sumbar Piala bergilir Evi Yandri Rajo Budiman yang digelar Disbud Sumbar bekerjasama dengan Ikatan Sipak Rago ((ISR) FKAN Pauh IX melalui dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman ini menobatkan Tim Sipakrago Jeluju FKan Pauh IX, Kuranji menjadi yang terbaik dengan nilai 832.

Terbaik Dua diraih tim sipakrago dari Baringin Tabek dengan nilai 808 dan terbaik ketiga diraih tim Putra Suba FC dengan mengoleksi nilai 779.
Sementara tim sipakrago Pacah 8 berhasil menjadi terbaik IV dengan mengoleksi nilai 752 disusul terbaik V diraih tim sipakrago Gang Beton dari Kecamatan Koto Tangah dengan nilai 703 dan terbaik VI diraih tim sipakrago Umbuik Mudo dengan mengoleksi nilai 522. (Naldi)