Buleleng Bersiap Jadi Tuan Rumah Kejurnas Tenis Junior TDP IMTC Pertama Kali di Indonesia Tengah

Singaraja — Kabupaten Buleleng Provinsi Bali yang berada dikawasan wilayah Indonesia bagian Tengah bakal menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Tenis Junior TDP di Tahun 2024 ini setelah Direktur IMTC, Irawati Moerid melaksanakan survey ke Ibukota Kabupaten Buleleng beberapa bulan lalu.

Kehadiran Direktur IMTC (Irawati Moerid Tennis Comptition) saat itu disambut langsung oleh Ketua Koni Buleleng, Ketua Pelti, Ketua harian KONI Kab Buleleng dan Pak Becik Wahyu untuk melihat venus lapangan tenis yang akan digunakan serta juga fasilitas penginapan untuk para peserta IMTC-Pelti Buleleng, agar sewa penginapan nantinya fleksibel dan sesuai kantong para peserta.

Seperti diketahui di Singaraja banyak daerah pariwisata yang bisa dikunjungi para peserta, seperti Danau Beratan, dimana saat dalam perjalanan ke Singaraja dari Denpasar, ia minta singgah di Danau Beratan tersebut, karena keindahanya mempesona.

“Dari kunjungan kami itu, IMTC siap bekerja sama dengan Pelti Kabupaten Buleleng untuk menyelenggarakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tenis Junior TDP,” tegas Direktur IMTC tersebut kepada wartawan media ini, Kamis (24/10).

Irawati Moerid, yang juga mantan petenis nasional menyebut Pelti Buleleng berani sebagai tuan rumah Kejurnas Junior TDP di Tahun 2024 karena mendapat dukungan Pemkab dan Ketua KONI Buleleng serta serta tokoh tenis setempat.

“Disatu sisi, IMTC memang dalam proses melebarkan sayap ke Indonesia tengah dalam rangka pemerataan kompetisi untuk anak-anak Indonesia khususnya olahraga tenis lapangan,” ungkapnya.

Ditambahkanya, pada Buleleng nanti, IMTC akan menjadikan turnamen dengan level J pertama yang paling tinggi di wilayah Indonesia Tengah dibanding turnamen-turnamen TDP Junior yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

“Kemarin-kemarinkan anak-anak Sumatra dalam satu tahun sudah merasakan 12 turnamen TDP Junior IMTC khusus di Sumatra saja itu 12 turnamen. Sekarang gantian biar anak-anak di Indonesia Tengah semangat bertanding dengan low cost karena di daerah yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Dan pada turnamen di Buleleng nanti selain anak-anak dari Sumatra, Jakarta, Jateng dan Jawa Timur, saya juga akan boyong anak-anak tenis binaan IMTC untuk mendukung pertandingan ini,”paparanya.

Dalam kepengurusan PP Pelti periode 2024-2029 yang dinahkodai oleh Nurdin Halid, Irawati Moerid masuk sebagai salah satu pengurus.

“Siapapun Ketua Umumnya, mari kita dukung kemajuan tenis Indonesia, apalagi Pak Nurdin Halid beberapa kali hadir sebagai undangan eksebisi dipertandingan-pertandingan saya jauh sebelum ada pemilihan Ketua Pelti 2024, dan dipertandingan IMTC-Piala Sekjen Kemhan II bulan Agustus lalu, Bapak Nurdin Halid yang buka, beliau selalu mendukung kegiatan-kegiatan Tenis” pungkas Ira di akhir percakapan.

Secara terpisah Pak Becik Wahyu mengatakan Buleleng sudah layak menggelar Kejurnas Tenis Junior TDP, karena Buleleng sudah sering melakukan pertandingan yang hanya sebatas daerah daerah sekitaran Bali. “Fasilitas lapangan tenis sudah ada dan ketika dirinya mengajak Mbak Ira untuk menyelenggarakan di Buleleng, Mbak Ira dengan senang hati menyambut dan menerimanya. Dengan begitu ajang pertandingan tenis bisa menjadi ajang pemancing animo anak-anak Buleleng lebih semangat untuk berprestasi di cabang olahraga tenis,”ujar Pak Becik Wahyu.

“Kami berharap IMTC yang telah berpengalaman menyelenggarakan Kejurnas Tenis Junior TDP melirik Kabupaten Buleleng, setelah sebelumnya sukses dengan gelaran ivent tenisnya di Indonesia bagian Barat seperti Sumsel, Babel dan Sumbar dalam satu tahun terakhir ini, bagus sekali jika dilaksanakan di Buleleng Provinsi Bali ini,” ujar Pak Becik Wahyu yang merupakan orang tua Komang Bagus Wahyu Purustama, petenis nasional KU 12 yang baru saja menggondol Piala Interkontinental ATF di Hongkong bulan Oktober lalu.

Ketua KONI Buleleng I Ketut Wiratmaja mengatakan penyelenggaraan Kejurnas Junior TDP di Tahun 2024 diharapkan menjadi momentum pencarian bakat dan bibit petenis andalan dimasa mendatang dan diharapkan juga ajang Kejurnas Junior TDP di Tahun 2024 menjadi wahana pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Semua petenis Kelompok Umur yang ada di Buleleng diharapkan ambil bagian dalam Kejurnas Tenis Junior Gelaran IMTC-Pelti Buleleng itu nanti,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Pelti Buleleng Made Pasek Satria Oka menambahkan dengan diselenggarakanya Kejurnas Tenis Junior TDP akan menjadi catatan sejarah baru bagi Kabupaten Buleleng, karena salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang berani menjadi tuan rumah Kejurnas Tenis Junior, seperti yang telah diselenggarakan oleh IMTC sebagai history making untuk level turnamen di Wilayah Sumatera.(mardi)