Malam Anugerah Askot PSSI

  • Bagikan

 

Padang- Sebuah gebrakan kembali dibuat oleh Asosiasi Kota (Askot) PSSI Padang dibawah kepemimpinan Mastilizal Aye dan Mai Irwansyah sebagai Wakil Ketua. Setelah sebelumnya sukses atas penyelenggaraan Liga Askot PSSI Padang, kini sebuah inovasi kembali dihadirkannya.

Malam Anugerah Insan Sepakbola Kota Padang, dengan tagline Persembahan Dari Asosiasi Kota PSSI Padang Bersama Kita Bangun Sepakbola Kota Padang Yang Berprestasi, merupakan acara award pertama yang pernah ada di Sumatera Barat untuk insan sepakbola di Kota Padang.

Disampaikan Ketua Askot PSSI Padang Mastilizal Aye kepada awak media, 11 kategori dihadirkan atau dianugerahkan untuk insan-insan sepakbola Kota Padang. Dan 11 penerima anugerah tersebut dirasa layak karena berbagai macam penilaian.

” Kenapa 11 nominasi, ya sebab bola kaki merupakan ke sebelasan,” pungkas Aye sapaan akrabnya.

Para legenda sepakbola, baik mantan pemain, mantan pelatih dan mantan manager serta insan-insan yang telah lama berkecimpung di sepakbola Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya dilibatkan dalam penilaian untuk pemenang bagi 11 kategori tersebut, imbuhnya.

PSP U-15 peroleh medali emas diajang piala Suratin tahun lalu bersama Managernya Amril Amin

“Acara ini kami buat adalah sebagai bentuk apresiasi kami Askot PSSI Padang untuk insan-insan yang telah berbuat dan membangun sepakbola Kota Padang,” ujar Mastilizal Aye Ketua Askot PSSI Padang dalam sambutannya.

Masih kata Aye, ini adalah acara yang pertama, semoga kedepannya acara ini dapat terselenggara setiap tahunnya. Dan tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, hingga acara ini dapat terselenggara,” pungkasnya.

Lebih jauh disampaikan Aye yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang ini, di tahun 2022 ini kami sudah mengalokasikan anggaran melalui Dispora Padang sebanyak Rp.500 juta dari dana pokir untuk pembinaan bola anak usia dini.

Semuanya ini, lanjut Aye, sudah termaktub dalam UU No. 3 tahun 2005 tentang sistem Keolahragaan Nasional disebutkan, pemerintah dan pemerintah daerah wajib melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya.

Kemudian, Pembinaan dan pengembangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi pengolahraga, ketenagaan, pengorganisasian, pendanaan, metode, prasarana dan sarana, serta penghargaan keolahragaan. Pembinaan dan pengembangan keolahragaan dilaksanakan.

Nah, berdasarkan UU keolahragaan tersebut, maka layak kita lakukan pembinaan anak usia dini juga memberikan penghargaan atau award bagi pecinta sikulit bundar di Padang ini, ujar Aye menutup pembicaraan.

Usai menerima award, legendaris sepakbola Kota Padang H. Suhatman Imam mengatakan, kami merasa bangga atas anugrah ini. Kegiatan posistif ini pertama kali diadakan.

” Sebagai insan sepakbola, kami merasa bahagia atas iven ini. Sebab, ajang anugrah ini bisa sebagai motifasi dan kebangkitan bola kaki di Kota Bingkuang ini. Satu pinta saya, semua penggiat bola di Sumbar harus kompak dan bersatu,” pungkas pak Haji Suhatman. (naldi)

Berikut kami hadirkan hasil dari pemenang 11 kategori tersebut;

1. Tim Muda Terbaik : PSP Padang U-15 Juara Piala Soeratin 2019

2. Sekolah Sepakbola (SSB) Terbaik : SSB Iman Bonjol

3. Pelatih Terbaik : H. Suhatman Imam

4. Pemain Muda Berbakat : Genta Alparedo

5. Pelatih Muda Berbakat : Dodi ‘Leo’ Hirwan

6. Wasit Terbaik : Eko Saputra

7. Jurnalis Terbaik : Adrian Ascha

8. Suporter Panutan : Fintheo ‘Teo Fals’ Miranda

9. Manager Favorite : Heryandi Djahir

10. BUMD Peduli Sepakbola Terbaik : Bank Nagari

11. Media Elektronik Terbaik : Padang TV

  • Bagikan