100 Pelajar SMA Ikuti Seleksi Paskibraka

  • Bagikan

Padang- Gubernur diwakili Kadiapora Sumatera Barat, Dedi Diantolani membuka seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Sumbar. Senin (9/ 5/ 22), di Hotel Rasaki Jalan By Paas Padang.

Dalam sambutannya Kadispora menyampaikan, untuk menjadi besar bangsa ini sangat membutuhkan orang- orang hebat, orang- orang pilihan yang terampil dalam berbagai kehidupan.

‘’Untuk menjadi pilihan dan terampil dalam berbagai kehidupan itu tidak dapat diperoleh secara instan, namun semua melalui proses dari bawah seperti yang dijalankan para siswa dan siswi yang ikut seleksi calon Paskibraka hari ini,’’ kata Kadispora.

Dia mengatakan, sebelum mengikuti seleksi tingkat provinsi, para peserta merupakan siswa siswi pilihan yang sudah diseleksi secara ketat oleh daerah masing- masing, dan untuk terplih menjadi calon Paskibraka Provinsi dan nasional nanti, peserta akan di seleksi lagi oleh tim yang sudah berpengalaman,.

“Siapapun yang terpilih menjadi calon Paskibraka Tahun 2022 nanti, kita pastikan memang siswa siswi terbaik dari yang terbaik, bukan hasil dari intervensi dan titipan dari pihak manapun,’’ tukuk Dedy Diantolani.

Kadispora juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun, dalam rangka untuk mencari pemuda pemudi yang memiliki kemampuan lebih dalam hal mengibar bendera, sehingga disaat pelaksanaan nanti hasilnya dapat maksimal

“Tujuan kita melaksanakan seleksi calon Paskibraka tingkat Sumbar ini, supaya nanti para pengibar bendera pusaka yang terpilih sebagai utusan Sumbar ditingkat nasional serta yang terpilih untuk upacara 17 Agustus di halaman Istana Gubernur Sumbar, benar-benar mereka yang terampil, dan bukan sekedar ada saja, ” ujar Dedy.

Ditegaskanya, seleksi ini tidak ada istilah titipan dari siapapun juga, baik itu dari pejabat maupun berbagai kalangan. Maka dari itu kepada semua panitia yang terlibat dalam seleksi ini agar bisa melaksanakan tugas dengan baik dan jujur.

“Saya berharap para peserta dapat menunjukan kemampuan terbaiknya dalam mengikuti seleksi, karena yang terbaik lah yang akan dipilih nanti,” tegas Kadispora.

Panitia pelaksana seleksi calon Paskibraka tingkat Sumbar, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Sumbar, Gusti Anola dalam laporanya menerangkan, kegiatan seleksi ini dilaksanakan dari tanggal 9 sampai 13 Mei, diikuti oleh 100 siswa siswi SLTA/ SMK yang duduk di kelas X, dari utusan 18 kab/ kota se-Sumbar minus Kabupaten Mentawai, yang sudah menjalani seleksi didaerah masing- masing.

“Mereka akan dipilih sebanyak 56 orang, 2 orang untuk tingkat nasional, dan 54 orang akan dipilih untuk melaksakan upacara bendera di halaman Istana Gubernur pada 17 Agustus 2022 mendatang,” terang Gusti Anola.

Turut hadir pada pembukaan tersebut, Letda Inf. Nyamin ( Pelatih Paskibraka Nasional, Komando Garnisun Tetap I Jakarta ), Ardhy Rafsanjani, SE, ( Tim PIP calon Paskibraka wilayah V Badan Pembina Ideologi Pancasila RI ), Wakil Direktur I IPDN Sumbar, Asmungi, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sumbar, Andre Algamar, dan para pejabat Fungsional Dispora Sumbar, Yosi Kamelia, Rindianti Adistina, Ichsan Khalis, sertya undangan lainnya. (Naldi)

  • Bagikan