Rusa Totol asal Istana Bogor di Penangkaran Taman Kehati Semen Padang Tambah 3 Anggota Baru

  • Bagikan

PADANG- Populasi Rusa Totol asal Istana Bogor di penangkaran Taman Kelestarian Hayati (Kehati) PT semen Padang terus bertambah. Pada Mei 2022, tiga ekor Rusa Totol melahirkan masing-masing satu anak rusa sehingga kini jumlah spesies rusa yang dipelihara PT Semen Padang sebanyak 15 ekor.

“Alhamdulillah, Mei kemarin lahir lagi 3 ekor. Mudah-mudahan 3 ekor anak rusa yang baru lahir ini bisa beradaptasi cepat dengan lingkungan,” kata Kepala unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati, Selasa (14/6/2022).

Saat ini, kata Anita, 3 ekor anak rusa itu belum diketahui jenis kelaminya, mengingat anak rusa tersebut tidak mudah untuk didekati. Karena jika dipaksakan, maka anak rusa ini akan stres dan bisa menyebabkan kematian.

“Untuk sementara ini, petugas yang mengawasi perkembangan rusa di Taman Kehati itu masih melakukan observasi terhadap 3 anak rusa yang baru lahir itu. Informasinya, setelah usia 6 bulan akan ketahuan jenis kelaminnya apa,” ujarnya.

Rusa Totol asal Istana Bogor ini sudah dipelihara oleh PT Semen Padang sejak 2016 dan itu diawali dengan 6 ekor rusa. Izin pemeliharaan Rusa Totol ini tidak mudah. Bahkan, sebelum dipelihara di Taman Kehati, berbagai prosedur harus dipenuhi oleh PT Semen Padang.

Salah satunya, adalah izin dari BKSDA. Kemudian sebelum izin didapat, pihak Istana Bogor juga turun ke Taman Kehati PT Semen Padang untuk melihat kondisi suhu dan lingkungan tempat Rusa Totol dipelihara.

“Pemeliharaan Rusa Totol ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap satwa. Tidak hanya Rusa Totol yang dipelihara, ikan bilih yang merupakan ikan endemik Danau Singakarak yang terancam punah juga turut dikonservasi di kawasan Taman Kehati,” ungkap Anita.

Voting Pemberian Nama

Terkait 3 anak Rusa totol yang baru lahir, Anita menyampaikan bahwa PT Semen Padang tengah membuat voting untuk pemberian 1 dari 3 anak rusa yang baru lahir. Voting tersebut diadakan di instagram resmi PT Semen Padang, yaitu @semenpadang.

Voting ini dimulai sejak 5-7 Juni 2022, dan dilihat oleh 3.785 orang. Voting ini juga diikuti oleh 915 voter. Voting ini diawali dengan pemberian nama anak rusa. Dari hasil voting, terdapat 210 orang yang berpartisipasi dalam pemberian nama anak rusa tersebut.

Dari jumlah tersebut, tim media sosial PT Semen Padang memilih 3 nama anak rusa berdasarkan voting tertinggi, yaitu Ruslam (Rusa Alam) sebanyak 376 voting, Binar (cahaya/sinar) 333 voting, dan Rimba (hutan lebat) sebanyak 206 voting.

“Dari 3 nama anak rusa yang dipilih tim media sosial PT Semen Padang, dipilihlah 1 nama berdasarkan voting tertinggi, yaitu Ruslam. Jadi, netizen yang memberikan nama Ruslam untuk anak rusa ini, akan kami jadikan sebagai bapak asuh untuk 1 dari 3 anak rusa yang baru lahir,” kata Anita.(almadi)

  • Bagikan