Intrust dan Lumba-lumba Gelar Kejuaraan Renang Antar Club Se Sumatera, Dibuka Wagub

  • Bagikan
PADANG – Pandemi Covid-19 ditambah dengan minimnya kejuaraan renang di Sumatera Barat, jelas membuat proses pembinaan atlet tersendat. Apalagi, di PON XX 2021 Papua kemaren, kontingen Sumbar gagal mendulang medali emas di ajang nasional ini.
Melihat hal ini, Club Renang Lumba-Lumba Padang menggandeng kelompok media Intrust menggelar Kejuaraan Renang Antar Club Se Sumatera, Senin hingga Selasa (10-11 Januari 2022). Kejuaraan ini dilakukan guna menimbulkan bakat-bakat perenang muda yang dibina para club selama ini. Apalagi renang merupakan olahraga prestasi dan populer baik tingkat nasional maupun internasional.
“Pandemi Covid-19 yang membuat kejuaraan renang terhenti sejak 2 tahun belakangan, jelas berpengaruh terhadap pembinaan atlet. Sehinga, kami berinisiatif melakukan kejuaraan renang dengan skop wilayah Sumatera,” kata Ketua Panitia Pelaksana Ir. Reri L Tanjung, MM didampingi Sekretaris Panpel Damsir, Sabtu (8/1/2022).
Dilanjutkan Reri, kejuaraan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi atlet, karena sistem pertandingan menggunakan standar nasional. Kemudian, menyampaikan ke masyarakat bahwa renang merupakan olahraga positif dan olahraga prestasi.
“Tak lupa, kejuaraan ini dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan dan hubungan antar clup renang di Sumatera,” sebut Reri.
Pelaksanaan kejuaraan dilakukan di Kolom Renang Teratai Kompleks GOR H Agus Salim Padang. Rencananya, kejuaraan akan dibuka langsung Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, dan dihadiri Wako Padang, Hendri Septa.
Lomba dilakukan dalam pembagian kelompon umur (KU), mulai umur 9 tahun hingga KU senior 19 tahun keatas. Peserta yang akan ikut dalam kegiatan ini sebanyak 400-an perenang yang datang dari club-club di Pulau Sumatera. Juara Umum akan mendapat Piala Wakil Gubernur Sumbar.
“Yang tidak mengirimkan perenangnya hanya Aceh dan Baangka Belitung selebihnya mengirimkan perenangnya. Untuk peserta yang mengikuti kejuraan ini diberikan sertifikat dan medali emas, perak serta perunggu untuk para juara 1 hingga 3,” tambah Sekpanpel Damsir. (Naldi)
  • Bagikan