Audy Joinaldy Apresiasi Kejuaraan Renang se Sumatera, Bisa Menjadi Iven Tahunan

  • Bagikan
PADANG-Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memberikan apresiasi penuh atas suksesi terselenggaranya Kejuaraan Renang Antar Club Se Sumatera yang diselenggarakan oleh Intrust dan Club renang lumba-lumba di kolam renang teratai kompleks GOR. H Agus Salim, Senin (10/1/2022).
Audy Joinaldy menilai, melihat efek dari kejuaraan ini selain untuk mencari bibit-bibit  perenang muda berbakat bagi Sumatera Barat juga akan memberikan efek menggerakkan ekonomi bagi kota Padang tentunya.
“Terimakasih kita ucapkan kepada panita pelaksana yang telah menggelar kejuaraan renang antar klub se- Sumatera. Mudah-mudahan kedepannya bisa diagendakan sebagai Iven tahunan dan kita akan carikan bapak asuhnya,” kata Wagub yang didampingi Kadispora Sumbar Dedy Diantolany dan Kadispora Kota Padang Afriadi usai memberikan medali kepada atlet.
Ia menambahkan, dari pernyataan peserta yang datang berbagai daerah di Sumatera, seperti Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Bengkulu dan daerah lainnya mereka sangat antusias dalam mengikuti kejuaraan renang yang diadakan oleh Intrust dan club renang lumba-lumba.
“Dikarenakan masih adanya pandemi Covid 19 dan didaerah mereka juga jarang Iven seperti ini. Akan tetapi kita  menghimbau, tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) dan mewaspadai virus omicron yang telah mulai mewabah,” sebutnya.
Senada dengan itu, Kadispora Kota Padang Afriadi mengatakan, dirinya juga mengapresiasi karena melihat ini sangat potensial dalam pencarian bakat dan mengukur potensi atlet renang yang dimiliki di Kota Padang maupun daerah lain di Sumbar.
“Selain itu, kejuaraan ini berdampak menambah pendapatan daerah ( PAD) kota Padang. Disisi lain juga akan memberikan efek peningkatan perekonomian di Kota Padang termasuk tingkat hunian hotel yang meningkat,” katanya.
Afriadi menyebut, Iven ini juga telah melalui memenuhi persyaratan dan izin yang lengkap.
 “Maka dari itu saya dilantik baru dua hari sebagai Kadispoda juga memberikan rekomendasi pemakaian tempat izin pemakaian venue pertandingan,” tandas mantan Kadinsos Kota Padang itu.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Reri L Tanjung mengatakan, kejuaraan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi atlet, karena sistem pertandingan menggunakan standar nasional. Kemudian, menyampaikan ke masyarakat bahwa renang merupakan olahraga positif dan olahraga prestasi.
“Tak lupa, kejuaraan ini dalam rangka meningkatkan tali persaudaraan dan hubungan antar clup renang di Sumatera,” sebut Reri yang juga mantan Direktur Teknik PDAM Kota Padang ini.
Sekretaris Pelaksana Damsir mengatakan, perlombaan ini secara teknis  dilakukan dalam pembagian kelompon umur (KU), mulai umur 9 tahun hingga KU senior 19 tahun keatas. Peserta yang akan ikut dalam kegiatan ini sebanyak 400-an perenang yang datang dari club-club di Pulau Sumatera. Juara Umum akan mendapat Piala Wakil Gubernur Sumbar.
“Kepada seluruh peserta diberikan sertifikat dan medali emas, perak serta perunggu untuk para juara 1 hingga 3,” pungkanya.(Naldi)
  • Bagikan