Zul Elfian : Pelaksanaan MTQ Tingkat Sumbar 2019 Unik dan Istimewa

 Sumbar

IMG-20190529-WA0001

SOLOK – Pemerintah Kota Solok siap menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional ke 38 Tingkat Sumatera Barat pada 14-21 Juni 2019 mendatang.

Walikota Solok Zul Elfian pada saat membuka Rapat Panitia Penyelenggara bersama pemerintah daerah se Sumbar, Rabu (22/5) di Gedung Kubuang Tigo Baleh menyampaikan, penyelenggaraan MTQ Sumbar merupakan MTQ yang unik dan istimewa.

Hal ini disebabkan pada tahun 2020 mendatang bertepatan dengan ditunjuknya Ranah Minang menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional. Sehingga dapat dikatakan merupakan pra MTQ Nasional atau Miniatur MTQ Nasional 2020 di Sumatera Barat.

“Kenapa dikatakan miniatur MTQ Nasional, karena seluruh teknis pelaksanaan dan sarana prasarana pendukung yang diaplikasikan pada MTQ Nasional akan diterapkan pada MTQ ke-38 Tingkat Sumbar di Kota Solok,”ujar Zul Elfian yang juga penanggung jawab pelaksanaan MTQ.

Untuk itu dikatakan Zul Elfian, sangat diharapkan seluruh komponen dari kabupaten – kota untuk bersinergi menyukseskan event ini dalam rangka memberikan indikasi positif terhadap pelaksanaan MTQ Nasional nantinya.

Kesuksesan MTQ Tingkat Sumbar di Kota Solok merupakan refleksi kesuksesan Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional Tahun 2020.

Lebih lanjut dikatakan Zul Elfian, rangkaian penyelenggaraan MTQ dimulai sejak menerima kedatangan kafilah kabupaten/ kota, tanggal 14 Juni 2019 sampai dengan acara penutupan MTQ pada tanggal 21 Juni 2019.

Pagelaran pembukaan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Solok dengan Mimbar Utamanya. Kondisi lokasi dan persiapan panitia menjadikan konsep minimalis sebagai pilihan, baik dari sisi bangunan mimbar utama maupun luas lapangan merdeka.

Lokasi lomba tersebar menjadi 17 venue/ lokasi yang memanfaatkan gedung dan sarana yang ada di Kota Solok (daftar lokasi lomba terlampir).

Cabang yang dilombakan, Seluruh cabang nasional, termasuk cabang eksebisi. Ada juga penambahan cabang lokal untuk penyemarak, yaitu Bintang Qasidah serta cabang lokal yang unik maupun istimewa, ialah tartil eksekutif antar pejabat Eselon II.

Pada acara pembukaan nanti akan menghadirkan Nasyid Raihan (Malaysia) serta menampilkan Laser Show dan Video Maping (Zul muncak)

banner 468x60

Related Posts