UNP Terima 16 Mahasiswa Asing Peserta Program SEA-Teacher

 Sumbar

received_10213705149437446

Padang — Rektor Universitas Negeri Padang, Prof, Ganefri PhD diwakil Wakil Rektor1, Prof Yunia Wardi menerima 16 mahasiswa asing peserta program SEA-Teacher dan SEA-TVET dari Philipina, di ruang sidang senat universitas, lt4 Gedung Rectorate and Research Center, Kampus UNP, Jln, Prof Hamka, Air Tawar Padang, Selasa (23/1)

WR2 UNP, Prof Yunia Wardi mengatakan, dengan adanya program yang memberikan kesempatan untuk merasakan praktik mengajar di negara-negara tetangga, diharapkan setelah itu para mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mengajar dan juga pedagogik. Pedagogik tidak bisa dipelajari hanya dengan membaca buku teks tentang pendidikan, pembelajaran, peserta didik. Akan tetapi, dapat ditumbuhkan ketika semakin banyak pengalaman dalam mengajar baik di dalam maupun luar negeri.

Selain itu, mahasiswa-mahasiswa pendamping dari UNP juga diharapkan semakin aktif menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbahasa dengan mahasiswa Philipina yang mengikuti program SEA-Teacher. UNP sangat mendukung program ini, karena dengan keberagaman, baik untuk saling berbagi pengalaman dan ilmu.

”Program ini diinisiasi oleh SEAMEO (Southeast Asian Ministers of Education Organization). SEAMEO ingin meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Asia Tenggara melalui metode best practice. Peserta program akan memahami praktik pengajaran di wilayah Asia Tenggara, dengan kurikulum yang relevan dengan mata pelajaran mereka, serta mendapatkan wawasan yang lebih luas khususnya wawasan pendidikan dan budaya di Asia Tenggara,””terang Prof Yunia Wardi didampingi WR3, Prof Ardipal.

Program ini dimulai tahun ini dan akan berkelanjutan, karena program ini sangat strategis karena merupakan program internasional yang selaras dengan visi misi UNP. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang pertama . UNP sudah mengirimkan 14 mahasiswa, dan sekarang menerima 16 mahasiswa dari Philipina.

Ke-16 mahasiswa Philipina itu dipandu Ananda Putra PhD, Ketua UPT Layanan Internasional memperkenalkan diri satu-persatu dalam acara Welcome Ceremony, dilanjutkan dengan perkenalan mahasiswa pendamping dari UNP. Selanjutnya sambutan dan pengarahan Rektor UNP yang diwakili WR1 Prof Yunia Wardi dan diakhiri dengan sesi foto bersama dengan dosen pembimbing yang ditugaskan.

Ananda Putra, PhD menyebutkan selama sebulan penuh mahasiswa dari Philipina melaksanakan praktek mengajar dan magang di sekolah yang diminta untuk program ini, diantaranya SMA2 dan SMA10 Padang. Selain itu mahasiswa Philipina itu jiga diperkenalkan budaya dan destinasi wisata yang ada di Sumbar. (Humas UNP)

banner 468x60

Related Posts