Tim Inovasi PTSP Raih 8 Penghargaan di Semen Indonesia Innovation Award (SMI-IA) 2018

 Ekobis

IMG-20180817-WA0003

PADANG- Tim inovasi PT Semen Padang berhasil meraih 8 (delapan) predikat juara dalam ajang Semen Indonesia Innovation Award (SMI-IA) 2018 yang diadakan pada tanggal 15-16 Agustus 2018 di Gresik.

Iven yang diadakan oleh PT Semen Indonesia ini, diikuti oleh tim inovasi dari PT Semen Padang, PT Semen Tonasa, PT Semen Gresik, dan Semen Indonesia. Pada inovasi tahun ini, ada delapan kategori yang diperlombakan, yaitu Proyek Kendali Mutu (PKM)
, Gugus Kendali Mutu (GKM), Sistem Saran (SS), 5P5, Produk Bahan Baku
, Teknologi Proses Produksi (TPP) Tambang – Rawmill, TPP Kiln – Packer, dan Manajemen.

Dalam delapan kategori itu, PT Semen Padang berhasil meraih juara 1 dalam ketegori Proyek Kendali Mutu oleh Tim Smart JPF V (Ind. 5), kategori Sistem Saran yang diwakili oleh Tim Gravitasi (Sarana Umum), dan kategori TPP Tambang Rawmill oleh Tim Startek QCX (Ind. 5).

Untuk juara 2, PT Semen Padang berhasil masuk dalam kategori 5P yang diwakili oleh Tim Berlian (ICT) dan untuk kategori Produk Bahan Baku dimenangkan oleh Tim One Day (Labor Proses)
. Untuk juara 3, PT Semen Padang masuk dalam kategori Gugus Kendali Mutu yang berhasil dimenangkan oleh Tim Cooler 23 (Ind. 23), Juara 3, kategori TPP Tambang Rawmill: Tim Bridge (Ind. 5), dan kategori TPP Kiln Packer.

“Alhamdulillah, perjuangan keras para inovator PTSP berbuah manis. Kami berharap hasil ini bisa melecut semangat kawan-kawan utk tetap menjadikan inovasi sebagai budaya di tempat kerja. Kedepannya kami akan lebih berusaha keras agar keterlibatan kawan-kawan dalam berinovasi menjadi semakin luas disegala lini”, ungkap Fery Sarvino, kepala Biro Inovasi & TPM.

Sementara itu, di tempat terpisah, staf Inovasi & TPM, Hera Dwiastuti menerangkan bahwa akan tetap berusaha mencari cara agar gairah inovasi karyawan Semen Padang Group bisa semakin meningkat.

“Penghargaan ini hanya sasaran antara. Tujuan berinovasi dan melakukan aktivitas mutu yang sebenarnya adalah dampak positif terhadap produktifitas dan laba perusahaan. Untuk itu, kami selalu berupaya sekuat tenaga agar segenap insan di Semen Padang Group mampu memunculkan ide positif dan mengimplementasikan ide tersebut di tempat kerja”, ujarnya.

Perjuangan para peserta SMI-IA dalam meraih keberhasilan ini cukup panjang. Terhitung tanggal 19 Juli sampai 16 Agustus 2018. Dimulai dengan proses Verifikasi dokumen, penjurian, presentasi dihadapan Direktur SDM dan Legal SMI, Agung Yunanto, sampai dengan acara penganugerahan pemenang.

Direktur Produksi Semen Indonesia Benny Wendry mengatakan bahwa Innovation Awards merupakan momen yang telah ditunggu-tunggu oleh para penggiat inovasi yang ada di perusahaan, karena melalui ajang ini menjadi momentum bagi inovator untuk mempersembahkan buah pemikirannya.

“Terbukti, kegiatan Innovation Award 2018 ini mendapatkan respon dan antusiasme dari karyawan Semen Indonesia Grup, anak usaha serta afiliasi. Ada 171 proposal inovasi yang teregristrasi,” jelas Benny, Kamis (16/8)

Semen Indonesia Innovation Award 2018 digelar perusahaan untuk menumbuhkan semangat dan menciptakan budaya berinovasi, meningkatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan konsolidasi di lingkungan Semen Indonesia Group (SMIG). Serta memberikan apresiasi terhadap karyawan, unit bisnis dan korporasi yang berkontribusi positif pada peningkatan kinerja korporasi secara umum.

“Perubahan industri saat ini sangat cepat. Tak ada cara lain untuk tetap bertahan dan mampu bersaing selain dengan berinovasi. Kami berharap karyawan terus dapat berinovasi untuk menjadikan lingkungan kerjanya lebih baik. Inovasi juga kami harap menjadi budaya yang mampu membawa perusahaan menjadi terdepan dan sekaligus menunjukkan kepada semua pihak bahwa Semen Indonesia mempunyai daya saing tinggi,” lanjutnya.

Semen Indonesia Innovation Awards 2018 kali ini dimeriahkan dengan berbagai acara, diantaranya Innovation Expo, Talk Show Panel, Focus Group Discusion serta Awarding. (*)

banner 468x60

Related Posts