Tim Fahmil Qur’an UNP Tampil Gemilang di Babak Penyisihan MTQ Mahasiswa Nasional

 Nasional

Ardipal

Padang — Regu Fahmil Qur’an Universitas Negeri Padang tampil gemilang setelah di babak penyisihan lomba Musabaqah Fahmil Qur’an yang berlangsung di Gedung Pertamina Universitas Negeri Brawijaya, Malang, Senin (31/7).

Regu Fahmil Qur’an UNP menurunkan Muhammad Arizal dan Muhammad Asep dan Juli Saniati. Mereka besutan langsung Dr. Ahmad Kosasi, M.Ag, dosen Fakultas Ilmu Sosial UNP. Mereka juga mendapat dukungan langsung Wakil Rektor 3 UNP, Prof Ardipal.

Tampil dibabak penyisihan lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat. Juru bicara dari regu Famil Qur’an mampu melaju semi final dan dipastikan akan tampil pada babak final, yang akan berakhir Kamis (3/8) mendatang.

Seperti diketahui materi lomba Fahmil Qur’an meliputi aqidah, syariah, akhlak, ulumul Qur’an, bahasa Arab, Inggris dan Indonesia menerjemahkan Al-Qur’an, Hadist, Kemasyarakatan, lingkungan hidup, kependudukan, kesejahteraan, kerukunan, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan lain-lain.

Bahkan  soal ilmu tajwid pun diminta kemampuan regu menjelaskan/mensyarahkan, tidak hanya itu regu Fahmil Qur’an UNP mampu menjelaskan maksud ayat, ilmu tafsir, kisah-kisah dalam Al-Qur’an, sejarah Islam (Tarikh), sejarah perkembangan Islam di Indonesia, seni baca Al Qur’an dan lain-lain.

“Alhamdulillah soal regu dan soal lontaran rebutan dikuasai mahasiswa kita dan sukses mendapat nilai tertinggi dan diaplus penonton” ujar WR3 UNP, Prof Ardipal. 
via sms siang kemarin.

Pimpinan kafilah UNP, Syamsul Bahri mengungkapkan terdapat 50-an  regu ikut dalam lomba ini.

Syamsul Bahri menjelaskan serangkaian acara MTQMN XV tahun 2017 sudah memasuki hari keempat, yaitu hari Senin, 31 Juli 2017. Pada hari Senin (31/7)itu  kafilah UNP telah mengikuti beberapa rangkaian acara dan lomba, salah satunya adalah lomba Musabaqah Fahmil,Tartil Quran yang bertempatkan di UBTV, lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Brawijaya. 

Untuk kategori lomba lainnya, kathil Quran atas nama Merli Swadita (UNP), mahasiswa FBS UNP juga membukukan kemenangan dengan dan juga dapat dipastikan melaju ke babak final. (Humas/UNP)

banner 468x60

Related Posts