Teruci Chaprendang Berbagi dengan Anak Yatim di Sumpur

 Sumbar

IMG-20190519-WA0008

Padang – Komunitas Terios Rush Club Indonesia Chapter Regional Rumah Gadang (Teruci Chaprendang Sumbar), Sabtu (18/5) melaksanakan acara berbuka puasa bersama dengan anak yatim dan masyarakat kenagarian Kampung Minang Nagari Sumpur kec. Batipuh Selatan Kab. Tanah Datar.

Acara yang bertajuk “Teruci Chaprendang Berbagi di Sumpur” itu selain dengan masyarakat setempat juga dihadiri oleh Wali Nagari Sumpur Ade Hendrico Dt. Pado Nan Ketek, Ketua Badan Permusyaratan Rakyat Nagari (BPRN) Sumpur Hendri dan ketua Kampung Minang Nagari Sumpur Ny. Kamrita.

Diawali dengan berbuka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah bersama masyarakat dan anak yatim di Masjid Raya Sumpur, Kampung Taman Sumpur, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan untuk anak yatim di Kanagarian Sumpur.

Wali Nagari Sumpur Ade Hendrico Dt. Pado Nan Ketek, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar yang telah memilih anak yatim di Nagari Sumpur tempat berbagi kebahagiaan menyambut lebaran idul fitri 1440 H.

“Atas nama pemerintahan Nagari Sumpur, tokoh masyarakat, khususnya anak-anak yang menerima bantuan hari ini, kami mengucapkan terima kasih, semoga apa yang telah diberikan mendapat pahala yang berlipat ganda hendaknya,” kata Ade

Hendrico Dt. Pado Nan Ketek. Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPRN Sumpur Hendri, bahwa dalam kondisi saat ini bantuan yang diberikan sangat besar sekali manfaatnya bagi anak-anak yatim di kanagarian Sumpur untuk menyambut lebaran.

Dikatakan Wali Nagari, saat ini program kerja yang sedang dipacu adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kunjungan wisata ke Nagari Sumpur.

Nagari Sumpur kata Ade Hendrico selalu berbenah untuk meningkatkan daya tarik bagi wisatawan. Nagari Sumpur katanya mempunyai, mulai dari wisata alam seperti bukit, sawah, danau, dan sungai serta budaya tradisionalnya.

“Saat ini sudah mulai banyak wisatawan dari luar daerah bahkan luar negeri yang datang. Meraka tidak ada yang kecewa, semua itu cukup indah untuk dilihat dan diabadikan,” katanya.

Kumendan Teruci Chaprendang Sumbar Dedi Satria, mengatakan acara berbuka puasa bersama anak yatim di Sumpur diikuti oleh 41 anggota beserta keluarga. Mereka datang tidak saja dari Padang tetapi ada dari Solok, Solok Selatan, Agam, Pangkalan Payakumbuh, Bukittinggi, Batusangkar dan daerah lainnya.

“Memang belum semua bisa hadir, tapi sudah cukup mewakili mereka,” kata Dedi Satria.

Dedi Satria mengharapkan semoga bantuan yang diberikan keluarga besar Teruci Chaprendang Sumbar hendaknya dapat memberikan kebahagiaan kepada anak-anak yatim di Sumpur.

Dikatakan Kumendan yang murah senyum ini, setiap bulan Ramadhan Teruci Chaprendang Sumbar selalu berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim, dengan mengumpulkan donasi dari para anggota.

Tahun sebelumnya Teruci Chaprendang Sumbar telah berbagi dengan anak yatim di kota Solok dan Padang.

“Alhamdulillah, bantuan untuk menyambut lebaran ini selalu kami agendakan setiap tahun, dan para anggota sangat antusias sekali dalam berbagi, tahun ini kita tetapkan untuk anak yatim di Kanagarian Sumpur,” ucap Dedi Satria. Total bantuan yang disalurkan adalah Rp16,8 juta, yang berasal dari anggota dan pengurus pusat (DPP Teruci).

Salah seorang anggota Teruci Chaprendang Sumbar dari Kab. Solok Selatan Arsil Asra mengatakan, anak-anak yatim itu merupakan anak-anak yang jadi tanggungjawab kita juga, maka selain berbagi kami juga ingin melihat kebahagiaan mereka untuk menyambut lebaran Idul Fitri yang akan datang.

“Kami ingin mengatakan, mereka tak sendiri, tak perlu bersedih, mari kita sambut lebaran dengan kebahagiaan,” sebut Arsil Asra, yang didampingi Mondra disela-sela acara penyerahan.

Sementara itu, panitia pengumpulan donasi Wengky Agrianto mengatakan donasi terkumpul adalah sebanyak 112 paket dengan total nilai Rp16.8 juta. Semua di bagikan kepada 56 orang anak yatim dari berbagai jorong (kampung,red) di Kanagarian Sumpur. Sumber donasi selain anggota juga ada dari Pengurus Pusat Teruci.

“Terimakasih atas sumbangannya pada acara Teruci Chaprendang Berbagi,” ujar Wengky, mengakhiri keterangannya. (*)

banner 468x60

Related Posts