Syaiful : Atlet Luar Sumbar Sekedar Cari Untung, Sikat

 Olahraga

IMG_20181107_114826

Padang – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat bakal sikat oknum atlet dari luar yang hanya sekedar mencari untung mengharapkan pundi pundi bonus atlet di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Tahun 2018 di Kabupaten Padang Pariaman.

Kendati demikian, Sumbar tidak menganggap haram atlet luar yang ingin bertanding di Porprov. Asalkan memiliki komitmen yang jelas dan terdata di Aplikasi SIDRAGON, sehingga tidak bisa lagi pindah ke daerah asal.

“Kita tak mengharamkan atlet luar main disini. Namun mereka tak bisa seenaknya dan cari untung. Mereka main di Porprov lalu dapat bonus, setelah itu pergi dari Sumbar. Tak akan kita biarkan itu,”ungkap Ketua KONI Sumbar Syaiful ,Rabu (7/11).

Pada Rapat Koordinasi Pendaftaran Atlet Porprov XV di Hotel Axana tersebut Syaiful juga menyampaikan, ketegasan KONI Sumbar ini memiliki tujuan yang baik, agar KONI kabupaten kota serta Pengprov Cabor tidak kecele dengan perangai atlet seperti itu.

Maka dari itu disampaikan Syaiful, Aplikasi SIDRAGON merupakan satu hal yang sudah seharusnya dijalankan dengan sungguh-sungguh. Meskipun suatu hal yang baru ada sedikit kontroversi, namun inilah waktu yang tepat bagi Sumbar untuk lakukan database atlet melalui aplikasi dimaksud.

Apalagi landasan bagi KONI menjalankan database atlet lumayan kuat. Seperti adanya Perda Sistem Keolahragaan Sumatera Barat yang dikuatkan dengan surat edaran Gubernur Sumbar kepada Bupati Walikota se Sumbar guna lakukan database atlet masing masing daerah.

“Namun yang jadi dasar database atlet ini adalah intruksi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) serta KONI Pusat tahun 2017 memerintahkan KONI se Indonesia mendata atlet secara keseluruhan,”urai Syaiful.

Ia juga sampaikan, program database atlet ini bukan hanya Sumbar saja yang jalankan. Dari 17 provinsi yang melakukan Porprov selama 2018, juga sudah menjalankan program tersebut.(ridho)

banner 468x60

Related Posts