Semen Padang Raih Dua Platinum, Satu Gold ISDA 2017

 Ekobis

IMG-20170915-WA0003

JAKARTA, 15/9/2017 – Pelaksanaan program CSR PT Semen Padang kembali mendapat pengakuan di tingkat nasional. Kali ini melalui Indonesian Sustainable Development Goals Award  (ISDA) 2017, PT Semen Padang berhasil meraih dua predikat Platinum, dan satu Gold, dari tiga program yang diikutkan pada ajang diselenggarakan Corporate Forum For Community Development (CFCD) tersebut.

Pada Malam Anugerah ISDA 2017 yang dilaksanakan di SMESCO Convention Hall Jakarta, Kamis (14/9/2017), hadir Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang kini anggota DPR RI Fadel Muhammad, Staf Khusus Wakil Presiden Mafri Amir, Ketua CFCD Tri Harjono, Ketua Steering Committee CFCD Iskandar Sembiring, Ketua Komite CSR CFCD Thendri Suprianto, para pengurus CFCD, dan para pimpinan perusahaan di Indonesia.

Dari PT Semen Padang yang hadir menerima penghargaan itu adalah Dirut PT Semen Padang diwakili Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum PT Semen Padang Iskandar Z Lubis, Kepala Bidang Pemberdayaan Dikkessos Lingkungan Hidup Biro CSR, Masykur Rauf, dan Staf CSR Alfred Rusli.
Dua platinum atau penghargaan tertinggi diraih Semen Padang melalui Program Semen Padang Pandai Nagari Beasiswa untuk Anak Nagari dan Program Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari (LKN) di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Sedangkan predikat Gold diraih melalui Program Pemberdayaan Komunitas Miskin Melalui Kelompok Usaha Nagari (KUN) di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

“Prestasi yang diraih pada ajang ISDA 2017 ini membuktikan bahwa berbagai program CSR yang dilaksanakan  Semen Padang selama ini sudah sesuai standar “best practice” yang berlaku di industri dengan mengacu pada ISO 26000 SR, dan mendapat pengakuan dari lembaga berkompeten di bidang CSR,” kata Kepala Departemen Komunikasi & Sarana Umum PT Semen Padang Iskandar Z Lubis.
Dia menjelaskan, program beasiswa yang meraih predikat platinum merupakan satu bagian dari empat pilar strategic flagship pengelolaan CSR Semen Padang, yakni “Semen Padang Pandai Nagari”, dan terdapat pilar lainnya yang disusun sedemikian rupa yakni Semen Padang Campin Nagari, Semen Padang Paduli Nagari dan Semen Padang Elok Nagari sebagai dasar pengelolaan program CSR Perusahaan.

Jumlah penerima manfaat dari Program beasiswa ini dalam tiga tahun terakhir sebanyak 5.116 orang di semua tingkatan/jenjang pendidikan dengan total nilai sebesar Rp.6.070.850.000.

Diharapkan melalui program beasiswa ini, dapat dilahirkan generasi muda yang handal dan berprestasi dari masyarakat sekitar sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan SDGs 4 yakni Ensure Inclusive and Equitable Quality Education and promote life-long learning opportunities for all.

Program Pemberdayaan Komunitas Rumah Tangga Miskin melalui KUN yang menjadi bagian dari Strategic Flagship, “Semen Padang Paduli Nagari”.

Sejak tiga tahun terakhir, Semen Padang telah membina 50 KUN dengan jumlah anggota sebanyak 480 Rumah Tangga Miskin (RTM), yang tersebar di tujuh kelurahan yang berbatasan langsung dengan perusahaan.

Pembinaan yang diberikan dalam bentuk pelatihan, penyediaan bahan baku, penyediaan alat teknologi produk, kemasan, legalitas, pemasaran, kerjasama kemitraan, pemberian modal usaha serta menempatkan tenaga pendamping dari perusahaan dan perwakilan penduduk setempat. Melalui program ini diharapkan dapat mendukung pencapaian tujuan SDGs 1 yakni End Poverity In All Its Forms Everywhere.

“Disamping itu, kami juga memiliki program unggulan lainnya yakni Program Pemberdayaan Lumbung Keuangan Nagari (LKN). LKN merupakan lembaga resmi yang dibentuk dan dipercaya mengelola dana CSR Semen Padang secara profesional, amanah, transparan dan akuntabel dimasing-masing kelurahan yang berada di sekitar perusahaan. LKN ini telah kami kembangkan sejak dua tahun terakhir dengan jumlah dana yang dikelola mencapai Rp.4.549.849.000,-. Ke depan, LKN ini diharapkan juga mengelola dana-dana sosial yang bersumber dari pihak lain atau tidak hanya dari CSR Semen Padang saja,” kata Iskandar.

Menurut Iskandar, Semen Padang berupaya terus konsisten dalam pelaksanaan program CSR, dengan semangat “Basinergi Mambangun Nagari” sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat sekitar dan menjadi strategi perusahaan agar terus tumbuh dan berkembang bersama lingkungan.

“Terima kasih kepada CFCD yang telah menyelenggarakan award ini, hasil yang kami peroleh pada kesempatan ini akan kami jadikan sebagai salah satu tolok ukur keberhasilan program CSR kami kedepan dan sebagai wujud partisipasi tanggung jawab sosial perusahaan kami menuju SDGs 2030,” tambahnya.

Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan apresiasi kepada CFCD yang telah menyelenggarakan ISDA 2017. “Ini merupakan langkah awal yang baik untuk mendorong pelaku usaha melaksanakan tujuan SDGs,”katanya.

SDGs Award merupakan  tindak lanjut dari MDGs Award ditetapkan oleh PBB pada akhir 2015 di New York dan berlaku pada 2016 hingga Desember 2030.

Indonesian SDGs Award telah mendapatkan Hak Cipta dari Kementerian Hukum dan HAM. Di Indonesia SDGs sudah ada peraturan presidennya yaitu PerPres No 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Penganugerahan ISDA 2017 diberikan kepada dunia usaha dan institusi yang menjalankan best practice tercapainya SDGs di Indonesia. Sebanyak 43 perusahaan telah terdaftar sebagai peserta ISDA 2017. Ajang itu  menominasikan 112 progam terkait dengan pencapaian 12 dari 17 tujuan SDGs.
Selain mengikuti ajang ISDA 2017, pada tahun ini Semen Padang juga ambil bagian dalam Indonesian CSR Awards (ICA) 2017. Dalam keikutsertaan kali ini, Semen Padang ikut pada kategori perusahaan industri dan manufaktur pada lima bidang dan 10 program kegiatan CSR serta pada tingkat Direktur Utama/CEO dan manajemen CSR untuk perserongan.

Pada ICA 2014, PT Semen Padang sukses memboyong 13 penghargaan ICA, dengan rincian 6 platinum dan 4 Gold serta dua anugerah terbaik untuk kategori perseorangan yakni CEO Terbaik yang diraih mantan Direktur Utama PT Semen Padang almarhum Munadi Arifin (meninggal 15 September 2014), dan Manager CSR Terbaik. Juga, Grand Gold untuk semua kategori.  Prestasi ini melampaui prestasi tahun 2011, dimana PT Semen Padang meraih 1 platinum dan 4 gold, dan juga prestasi terbaik di grup PT Semen Indonesia (Persero), Tbk. (*)

Padang –

banner 468x60

Related Posts