Semen Padang Luncurkan Buku 30 Mitra Binaan CSR

 Ekobis

IMG-20180729-WA0040

PADANG – Sebagai wujud nyata kepedulian Semen Padang terhadap pelaku ekonomi keratif di Sumatera Barat (UMKM) di Sumatera Barat (Sumbar), Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility (CSR) meluncurkan buku Succes Story The Series 30 Mitra Binaan Mandiri CSR Semen Padang, Minggu (29/7/2018).

Peluncuran buku setebal 180 halaman yang berjudul ‘Yang Tumbuh Bersama’ itu, dilakukan saat puncak HUT ke-71 Koperasi di Pantai Muaro Lasak, dan dihadiri oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Kepala Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumbar, Hendra Irwan Rahim, Direktur Keuangan PT Semen Padang, Tri Hartono Rianto, dan Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf.

Selain itu, pada peluncuran buku tersebut, juga hadir Ketua Dekopin se-Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumbar, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumbar, serta sejumlah staf pimpinan di PT Semen Padang. Di antaranya, Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan, Oktoweri dan Kepala Biro CSR Semen Padang, Muhamad Ikrar.

Selain meluncurkan buku 30 Mitra Binaan Mandiri, pada kesempatan itu, CSR Semen Padang juga menyerahkan secara simbolis pinjaman modal usaha bagi UMKM binaan sebesar Rp4,7 miliar untuk periode Januari-Juli 2018. Modal usaha yang disalurkan kepada 160 pelaku UMKM tersebut, diserahkan oleh Direktur Keuangan Tri Hartono Rianto kepada perwakilan UMKM binaan.

Tri Hartono Rianto mengatakan, peluncuran buku ini juga bagian dari rangkaian HUT Ke-60 Pengambilalihan (Nasionalisasi) pabrik dari tangan belanda yang diperingati setiap 5 Juli. Buku berjudul ‘Yang Tumbuh Bersama’ ini berisikan succes story 30 Mitra Binaan CSR Semen Padang yang sudah mandiri dan sukses.

“Buku ini juga bermanfaat sebagai referensi bagi pendidikan, karena disetiap-setiap cerita dari 30 pelaku UMKM binaan CSR Semen Padang yang telah sukses dan mandiri, di dalam buku ini juga terdapat pendapat para ahli,” kata Tri Hartono Rianto dalam sambutan peluncuran buku Succes Story The Series 30 Mitra Binaan Mandiri CSR Semen Padang berjudul “Yang Tumbuh Bersama” tersebut.

Buku yang dikuncurkan hari ini, sebut Tri Hartono, terdiri dari beberapa seri. Seri pertama yang berjudul ‘Yang Tumbuh Bersama’ itu, mengartikan bahwa Semen Padang komit untuk tumbuh bersama-sama masyarakat Sumbar melalui UMKM. Buku ini rencananya juga akan diluncurkan dalam versi bahasa Inggris, supaya manfaat buku ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Sumbar, dan Indonesia umumnya, tapi juga masyarakat di seluruh dunia.

“Kami berharap buku ‘Yang Tumbuh Bersama’ ini juga dapat menginspirasi para pelaku UMKM untuk terus maju dan bangkit dalam mengembangkan usahanya agar menjadi pengusaha mandiri supaya dapat menyerap tenaga kerja, sehingga perekonomian masyarakat di Sumbar juga meningkat,” ujar Tri Hartono.

Sementara itu, Ketua Dekopin Sumbar, Hendra Irwan Rahim dalam sambutannya, mengapresiasi Semen Padang yang terus melakukan pembinaan kepada UMKM di Sumbar melalui CSR-nya. “Semen Padang patut diapresiasi, karena selalu menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat Sumbar. Salah satunya melalui UMKM,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Kata dia, kontribusi Semen Padang melalui CSR, khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat tidak hanya melalui pembinaan terhadap pelaku UMKM di Sumbar, tapi lebih dari itu. Bahkan, sudah banyak contohnya para pelaku UMKM yang dibina bisa sukses dan mandiri.

“Salah satu contohnya, ada pada buku ‘Yang Tumbuh Bersama’ yang baru saja diluncurkan Semen Padang melalui CSR-nya. Mudah-mudahan buku yang diluncurkan itu dapat menjadi motivasi bagi para pelaku UMKM di Sumbar untuk sukses dan mandiri. Baik terhadap pelaku UMKM binaan CSR Semen Padang sendiri, maupun kepada pelaku UMKM lainnya yang ada di Sumbar,” ujarnya.(*)

banner 468x60

Related Posts