Samsat Parking Night Bakal Beroperasi di Padang

 Sumbar

IMG_20171018_055104

Padang – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Samsat Padang selama tahun 2017 berhasil mencatatkan pendapatan yang signifikan. Hingga akhir tahun, berhasil merealisasikan target penerimaan pajak kendaraan bermotor 119, 13 persen.

Kendati target yang diemban cukup besar, yakni sebesar Rp 556 milyar lebih, namun seluruh pegawai Samsat Padang dengan keyakinan penuh mampu melebihi target tersebut. Tercatat penerimaan yang berhasil dikmpulkan adalah Rp 662,897 miliar lebih.

Peningkatakan pembayaran pajak juga diiringi dengan banyaknya kendaraan baru yang keluar dengan mencatatkan angka Rp 121, 581 unit selama tahun ini. Jumlah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kendaraan baru ini mencapai Rp 58 milyar lebih. Penerimaan lainnya juga ditunjang dari Bea Balik Nama (BBN) kendaraan baru yang mencapai Rp 379,976 milyar lebih.

Kepala UPT P 3 Samsat Padang Jaya Isman pada Sumbar Post menyebutkan kenaikan pendapatan daerah dari pajak kendaraan bermotor dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat.

Disamping itu juga dikatakan Jaya Isman, razia kendaraan yang dilakukan pihak berwajib juga berperan serta untuk wajib pajak membayarkan pajak kendaraan mereka yang sudah mati.

Selain itu, pertumbuhan kendaraan baru juga meningkat cukup pesat dibandingkan tahun sebelumnya, serta wajib pajak Non BA juga memenuhi kewajiban mereka sebagai warga negara taat pajak.

Pihaknya pun semakin menancapkan komitmen untuk memberikan kemudahan pada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Baik itu melalui mobil Samsat Keliling yang setiap hari beroperasi, melaui Samsat Drive Thru, melalui Samsat Corner di Plaza Andalas, dan upaya lainnya.

“Kita terus berupaya memberikan semua kemudahan pada masyarakat untuk membayar pajak kendaraan mereka. Semua pelayanan kita tingkatkan, karena memang uang masyarakat yang kita pungut. Jangan sampai masyarakat mengumpat karena susahnya proses membayar pajak kendaraan,”jelasnya.

Terobosan baru lainnya yang akan dilakukan Samsat Padang seperti rencana Jaya Isman adalah membuat Samsat Parking Night di Transmart Padang pada tahun 2018.

Nantinya satu unit mobil akan terparkir di depan Transmart setiap Senin sampai Kamis dari jam 17.00 hingga jam 21.00 disana. Agar masyarakat yang ingin membayar pajak di malam hari dapat terlaksana.

“Kita sering juga mendengar keluhan pada pegawaia yang tak bisa bayar pajak pada hari kerja dikarenakan pegawai pulang sore. Nah dengan Samsat Parking Night ini bagi pegawai yang pulang sore bisa membayar pajak di Transmart itu. Inilah kemudahan yang kita berikan,”pungkasnya. (ridho)

banner 468x60

Related Posts