Rina Ambar Dewanti : Evaluasi Fisik Pesilat Sumbar Cukup Baik

 Olahraga

 

Rina Ambar Dewanti dan Satgas Hitung VO2MAX Pesilat Sumbar

Rina Ambar Dewanti dan Satgas Hitung VO2MAX Pesilat Sumbar

Padang – Konsultan Olahraga Sumbar Rina Ambar Dewanti lakukan evaluasi umum pada atlet cabang olahraga pencak silat yang dibina KONI Sumbar, Rabu (19/9) di Gedung Beladiri Komplek GOR H.Agus Salim Padang.

Evaluasi yang dinilai terhadap atlet memiliki beberapa item, yakni penilaian kelincahan, kecepatan, kekuatan, kelenturan, stabilisasi, dan daya tahan.

“Setelah kita lakukan evaluasi kepada atlet pencak silat, alhamdulillah tidak hancur hancur kali lah. Untuk evaluasi awal cukup baik kemampuan mereka,”ujar wanita yang akrab disapa Ambar ini kepada sumbarpost.com.

Dikatakan Ambar, tes general ini bukan hanya untuk atlet cabor pencak silat. Namun juga diperuntukkan kepada 138 atlet yang dibina KONI Sumbar.

“Dijadwalkan Jumat besok, tes serupa bakal dilakukan kepada seluruh atlet. Hari ini baru pencak silat yang bisa, karena beberapa cabor ada yang sedang mengikuti Kejurnas maupun try out keluar Sumbar,”kata Ambar.

Pihaknya memprogramkan tes serupa bakal dilakukan setiap tiga bulan sekali. Dari sanalah didapatkan kesimpulan apakah atlet bersangkutan mengalami perkembangan signifikan, stagnan, atau turun.

Ia bakal memberikan program latihan khusus kepada seluruh atlet ,agar kemampuan mereka bisa berkembang, dengan jadwal latihan 12-14 kali dalam satu bulan.

“Saya akan tes lagi Desember mendatang. Jika lima item tadi meningkat setiap dilakukan tes, berarti mereka serius menjalani program latihan. Namun jika sebaliknya, berarti mereka kurang serius menjalankan program yang diberikan,”pungkasnya.(ridho)

banner 468x60

Related Posts