PT Igasar Semen Padang Grup Raih Zero Accident Award 2019

 Ekobis

IMG-20190805-WA0004

Padang – PT Igasar sukses meraih penghargaan Penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award) 2019 dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Penghargaan diterima PT Igasar atas prestasinya dalam melaksanakan program Keselamatan Kerja (KJ) sehingga mencapai 744.761 jam kerja orang tanpa kecelakaan kerja terhitung sejak tanggal 01 Januari 2016 hingga 31 Desember 2018.

“Ini kali pertama bagi PT Igasar dalam menerima penghargaan Zero Accident Award dari Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Tentunya ini adalah sebuah prestasi besar bagi kami karena penghargaan itu didapatkan dari penilaian selama 3 tahun masa kerja seluruh pekerja kita,” kata Direktur Utama PT Igasar Grup Semen Padang, Dasril.

Ia menjelaskan, di Sumbar hanya 26 perusahaan yang menerima Zero Accident Award dan salah satunya itu PT Igasar. Penghargaan itu diterima Direktur Teknik PT Igasar Dedi Saptomo pada 27 Juni 2019 lalu di Hotel Mercure yang diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

“Sebenarnya kita diundang untuk menerima penghargaan langsung dari Kementerian Tenaga Kerja RI di Jakarta pada 22 April 2019, namun karena beberapa halangan, akhirnya penghargaan itu diserahkan melalui Gubernur Sumbar pada 27 Juni lalu,” katanya.

Untuk mempertahankan prestasi tersebut lanjutnya, dijelaskannya bahwa Zero Accident dijadikan sebagai budaya kerja di PT Igasar sehingga diharapkan penghargaan ini dapat dipertahankan setiap tahunnya.

“Kedepannya, Zero Accident adalah budaya kerja di PT Igasar,” kata Dasril.

Kepala Bagian PSM dan K3 Yandri menyampaikan bahwa tidak mudah bagi PT Igasar dalam mendapatkan penghargaan tersebut, karena menurutnya ada berbagai persyaratan dalam sebuah perusahaan yang harus dipenuhi agar dapat mendaftarkan PT Igasar dalam perusahaan yang pantas menerima penghargaan Kecelakaan Nihil.

“Untuk mendapatkan penghargaan Zero Accident Award tersebut, ada proses panjang yang harus kita lewati seperti perusahaan harus memiliki Panitia Penyelenggara (P2) K3 dan telah diaudit SMK3 serta telah melaporkan secara rutin dalam 1 kali 3 bulan terkait P2 K3,” kata Yandri didampingi staffnya, Ilham Uta Perkasa.

Selain itu katanya, persyaratan lainnya yakni seperti PT Igasar juga harus mendapatkan sertifikat terlebih dahulu seperti Piagam SMK3 dari Sucofindo yang telah didapatkan pada 14 Juli 2017 serta telah memiliki ISO 9001 tahun 2015.

Pada penghargaan kali itu katanya, PT Igasar sebagai satu-satunya anak perusahaan Semen Padang yang menerima penghargaan tersebut di Sumbar.

“Perusahaan lainnya di Sumbar yang menerima penghargaan Zero Accident Award 2019 yakni Telkom Witel Sumbar, PT PLN UIW Sumbar, PT Wilmar, PT Abadi Citra Bersama dan beberapa perusahaan lainnya,” katanya.

Ia berharap agar penghargaan tersebut dapat dipertahankan PT Igasar setiap tahunnya karena PT Igasar telah menjadikan “Zero Accident:” sebagai budaya kerja di perusahaan tersebut. (*)

banner 468x60

Related Posts