Politeknik Negeri Padang (PNP) MoU dengan National Yunlin University Of Science and Technology Taiwan

 Sumbar

IMG-20181114-WA0010

PADANG — Politeknik Negeri Padang (PNP) kongkritkan kerjasama dengan National Yunlin University Of Science and Technology Taiwan. Bentuk kerjasama tersebut dibubuhkan dalam suatu Penandatanganan Kerjasama diantara kedua belah pihak , Rabu (14/11) di Gedung PKM PNP.

Kerja sama ini sekaligus untuk peningkatan kualitas kampus yang berlokasi di Bukit Limau Manis tersebut dan sesuai dengan visi dan misi PNP sendiri.

“Kerja sama kami dengan Yunlin di antaranya adalah pertukaran mahasiswa, dosen, pengembangan staf dan riset bersama. Saat ini yang sudah berjalan adalah pengembangan staf,” ujar Direktur PNP Surfa Yondri.

Surfa Yondri menyebutkan, sebenarnya kerja sama dengan Yunlin sudah lama dilakukan. Namun baru saat ini bisa dilakukan penandatangan kerja sama secara tertulis.

“Sebelumnya sudah ada tiga orang dosen kami yang mengambil program S3 di Yunlin. Tahun depan mereka sudah bisa kembali ke PNP,” tuturnya.

Saat ini PNP sedang mempersiapkan beberapa mahasiswa yang akan dikirim ke Yunlin untuk mendapatkan bea siswa S2.

“Saat ini kami sedang merancang bagaimana sistimnya. Kalau untuk jumlah mahasiswa yang akan mau ikut ada sekitar 80 orang yang berminat untuk mendapatkan beasiswanya,” paparnya lagi.

PNP sendiri tidak hanya melakukan kerja sama dengan Yunlin untuk luar negeri namun ada beberapa dengan kampus lainnya, seperti dengan Ming Chi, Lung Wa di Taiwan dan ada juga dengan beberapa kampus di Malaysia.

“Saat ini ada beberapa mahasiswa kami yang sedang tes untuk mengikuti program di Taiwan. 18 mahasiswa akan menjalani tes di Medan. Jika mereka lulus akan kuliah di Taiwan selama satu tahun dan magang. Saat magang itu mereka sudah mendapatkan honor,” urainya lagi.

Selain itu PNP juga berusaha menggaet mahasiswa luar negeri ke Indonesia dengan cara menggratiskan biaya kuliahnya.

“Jadi mereka itu akan kami beri beasiswa atau mungkin mereka mendapatkan bea siswa dari negera asalnya. Intinya mereka tidak membayar beasiswa. Bagaimana teknisnya nanti akan kami bahas,” tuturnya.

Dengan adanya kerja sama ini Surfa Yondri berharap bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa.

“kerja sama ini dilakukan untuk PNP lebih baik lagi. jadi saya berharap dosen atau jurusan menyusun langkah untuk melakukan kerja sama dengan universitas luar negeri yang sudah dijalin kerja samanya,” ungkapnya.(ridho)

banner 468x60

Related Posts