Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Gubernur Sumbar Bacakan Sambutan Plt. BPIP Hariyono

 Sumbar

IMG-20190601-WA0005

PADANG — Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Kantor Gubernur. Dalam sambutanya, Irwan Prayitno membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), Sabtu (1/6/2019).

Pancasila sebagai dasar negara, idiologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa yang merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna merealisasikan nilai-nilai pancasila.

Berkat Pancasila lah bangsa ini tolerasi dan gotong royong bisa menjadi berkah dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dengan perayaan kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni suatu momentum untuk bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” ucap gubernur Irwan Prayitno membacakan sambutan BPIP pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2019).

“Untuk itu perlu kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling kerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” sambungnya.

Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik dapat menumbuhkan dan merawat harapan, bukan politik yang menimbulkan ketakutan.

Lanjut gubernur menyampaikan, bahwa melalui peringatan hari kelahiran Pancasila, perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Di dalam Pancasila kita harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran,” kata Irwan Prayitno mengakhiri sambutannya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang berlangsung dihadiri sekitar ribuan peserta mengikuti jalannya upacara. Hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Sumbar seperti Wakil Gubernur Sumbar, Sekdaprov Sumbar. Juga, para pimpinan OPD di Pemprov Sumbar. Sementara itu, peserta upacara aparat TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara, Kepolisian Daerah, Satpol PP Prov Sumbar, ASN Pemprov Sumbar, mahasiswa, pelajar SMU, dan SMP Padang.(*)

banner 468x60

Related Posts