PDAM Padang Targetkan 2019 Masyarakat Menikmati Air Bersih

 Ekobis

IMG_20171230_130740

PADANG –  Pada 30 Desember 2017, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Padang resmi berumur 43 tahun (30 Desember 1974-2017). Momentum tersebut menjadi komitmen perusahaan tersebut untuk memenuhi pelayanan air bersih bagi masyarakat Kota Padang.

“Ini momentum bagi kita untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Padang, saya menargetkan pada 2019 semua warga Kota Padang terlayani air bersih,”sebut Walikota Padang saat menghadiri kegiatan HUT PDAM Padang, di tempat wisata Tiger Camp di Lubuk Minturun, Koto Tangah, Sabtu (30/12).

Dikatakannya, fungsi PDAM tidak hanya untuk mencapai target provit, namun untuk melayani kebutuhan air bersih masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang terpenuhi air bersih, maka target perusahaan tersebut dapat dicapai.

Disampaikan, HUT PDAM kali ini menjadi istimewa, karena hutang PDAM senilai Rp77 miliar dihapuskan. Upaya itu, sudah ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat, kini tinggal menunggu resminya.

Selain itu, PDAM juga akan menerima Instalasi Pengolahan Air (IPA) Taban dengan kapasitas 100 liter perdetik dari Dirjen Cipta Karya, Kementrian PUPR. Beroperasinya IPA tersebut akan menambah cakupan layanan PDAM pada 2018. PDAM memperkirakan menambah cakupan mencapai 5 persen.

“Ini buah kerjasama kita, mari kita sama-sama membangun Kota Padang. Kalau ada peluang lagi mari kita jemput. Ayo kita bergerak bersama, agar PDAM lebih maju lagi,”sebutnya.

Menurutnya, pelayanan pemenuhan air bersih bagi masyarakat Kota Padang, juga menjadi ladang amal bagi perusahaan. “Tanpa air bersih, orag tidak bisa beribadah dengan baik,”sebutnya.

Sementara, Plt. Direktur Utama PDAM, Edwar mengatakan, saat ini pelanggan PDAM sudah mencapai 100 ribu lebih. Dengan cakupan sudah 76 persen penduduk. Jika ditambah dengan Pamsimas, layanan sudah mencapai 91 persen. Jika IPA Taban dioperasikan dengan penyerahan dari Dirjen Cipta Karya pada PDAM, maka cakupan bisa mencapai 80 persen lebih

“Pada 2018 kita targetkan ada 8.000 sambungan baru, dengan itu, maka minimal kita bisa mencapai 80 persen cakupan layanan air bersih bagi penduduk Kota Padang,”sebutnya.

Dikatakannya, untuk pencapaian 100 persen cakupan air bersih bagi penduduk Kota Padang pada 2019 optimis dapat dicapai. Target layanan tersebut akan dipenuhi oleh PDAM 80 persen, sisanya diisi oleh Pamsimas dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

(Ridho)

banner 468x60

Related Posts