Negeri Gajah Putih di Mata Wawako Erwin Yunaz

 Daerah

WhatsApp Image 2020-01-06 at 09.23.09Sawasdee Khap. Begitulah sapaan akrab orang Thailand kepada semua tamu sambil mengatupkan tangan di dada. Secara otomatis tamu melakukan hal yang sama.

Keramahannya yang itu menambah niat saya, yang awalnya mengunjungi siswa Program Magang Luar Negeri kerjasama dengan Politeknik SAHID.

Saat ini Pemko Payakumbuh sudah memberangkatkan 140 orang putra-putrinya magang diluar negeri. Dengan modal beasiswa Diploma 1 dari Pemko, hampir kesemuanya mampu melanjutkan jenjang kuliah yang lebih tinggi dengan biaya sendiri.

Boleh dibilang “kail” yang diberikan mampu merubah mindset anak-anak bangsa. Tadinya hanya berfikir untuk dapat pekerjaan, sekembalinya magang mereka sudah mampu merobah impian menjadi yang lebih tinggi, yaitu menyelesaikan kuliah sampai D4 dengan biaya sendiri. Bahkan saya terkaget, diantara mereka punya impian menjadi kepala daerah seperti Pak  Erwin Yunaz nantinya. Alhamdulillah, semoga Allah Ridho dengan impian mereka.

Negeri Gajah Putih di Mata Wawako Erwin YunazSekilas kembali kepada sapaan masyarakat negeri Gajah Putih. Kondisi sa’at ini sangat berbeda dengan kunjungan 5 (lima) tahun yang lalu. Seperti suatu yang dipersiapkan dengan baik, yaitu menyambut dan menyamankan para tamu atau turis. Perjalanan daratnya terasa nyaman, tempat-tempat wisatanya terkelola dengan baik, perparkiran yang sangat memadai dan yang utama sekali kebersihan yang sudah membudaya.

Untuk urusan perut bahkan ibadah mereka pikirkan juga. Tidak sulit menemukan restoran halal dan menyajikan makanan dengan cita rasa yang sesuai orang Asia. Musholla-nya banyak dan mudah ditemukan ditempat wisata, restoran bahkan mall besar, nyaman sekali rasanya. Ditempat belanja, juga ada kenyamanan yang berbeda. Dan yang lebih menarik lagi, budaya tetap mereka jaga dan lestarikan. Patuh kepada pemerintah menjadi cermin kedamaian negeri itu.

WhatsApp Image 2020-01-06 at 09.23.09 (1)Wah, banyak lagi yang bisa diceritakan tentang negeri ini. Tetapi yang terbayang adalah Ranah Minang. Ingin dan sangat berkeinginan memberikan kenyamanan bagi tamu dan para wisatawan ke Sumatera Barat yang digadang sebagai salah satu tujuan Wisata Syariah. Alam dan warisan budaya merupakan magnet yang sangat kuat untuk digaungkan. Kalau daerah punya keinginan bersama membangun ekonomi melalui sektor pariwisata, In Syaa Allah bisa diwujudkan.

Adanya Program Magang Luar Negeri kerjasama Pemko Payakumbuh dan Politeknik SAHID ini ini diharapkan dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidangnya sebagaimana instruksi #presiden #jokowi melalui Kemen #parekraf yaitu Program yang disinergikan dengan beberapa bidang lainnya seperti pendidikan dan kebudayaan serta pendidikan tinggi dan juga industri pariwisata. Sehingga para lulusan mudah terserap oleh pasar di dalam negeri maupun mancanegara. (*)

banner 468x60

Related Posts