Minat Kerja di PT PLN? Ke Politeknik Negeri Padang Solusinya

 Sumbar

IMG-20190313-WA0009

Padang – Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka kesempatan besar bagi generasi muda yang ingin langsung bekerja ditempat yang mapan usai tamat kuliah. Caranya tentu dengan mengikuti ujian mahasiswa baru kelas kerjasama dengan PT PLN (Persero) program studi D3 Teknik Listrik.

“Politeknik Negeri Padang (PNP) membuka pendaftaran calon mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020 ini dari 12 Maret hingga 17 April. Ini peluang besar, artinya begitu lulus langsung bekerja di PLN,”ungkap Direktur PNP Surfa Yondri didampingi Wakil Direktur II Anton dan Ketua Pansel Calon Mahasiswa Baru Ronal Hadi ketika sesi Jumpa Pers, Rabu (13/3) di Kampus PNP.

Surfa Yondri mengatakan, kelas kerjasama dengan perusahaan PLN telah berlangsung sejak tahun ajaran 2011. Peminat kelas khusus tersebut sangat tinggi, contoh pada tahun ajaran 2018/2019, dari 1.588 orang yang mendaftar, yang lulus itu hanya sebanyak 28 orang.

Hingga kini saja, PNP telah menerima sebanyak 199 orang mahasiswa kelas kerjasama dengan PLN. Sebagian dari jumlah tersebut, khususnya untuk tahun ajaran 2016 hingga 2018, saat ini masih menjadi mahasiswa PNP. Sedangkan sebagiannya lagi yang telah lulus, sudah menjadi karyawan PT PLN (Persero).

“Selama menjadi mahasiswa kelas kerjasama, mereka nantinya akan dipantau oleh PLN. Namun begitu lulus, mereka harus mendapatkan IPK minimal 2,75. Sejauh ini, memang belum ada IPK nya di bawah 2,75. Pada umumnya, IPK mereka di atas 3,00,”jelasnya.

IMG-20190313-WA0014

Untuk tahun ajaran baru sekarang ini, pihaknya menginginkan kelas khusus PLN dibuka untuk dua kelas.”Untuk kuotanya tergantung hasil seleksi yang dilakukan PLN, karena kami di PNP hanya melakukan seleksi potensi akademik,” ungkap pria yang akrab disapa Pak Boyon itu.

Wakil Direktur II PNP Anton menambahkan, adapun persyaratan umum mengikuti ujian yaitu WNI, umur maksimal 19 tahun pada Agustus 2019, dan merupakan lulusan SMK Kelistrikan atau SMK jurusan yang relevan, serta SMA/MA jurusan IPA.

Bagi pelajar setingkat SMA yang memenuhui kriteria calon mahasiswa baru kelas kerjasama dengan PLN, lanjutnya, bisa langsung datang ke Kampus PNP di Limau Manis, Pauh, Kota Padang, atau bisa membuka website informasi penerimaan mahasiswa baru di pmb.pnp.ac.id

Anton juga membeberkan fasilitas yang didapatkan oleh mahasiswa kelas kerjasama dengan PLN tersebut. Selain langsung menjadi karyawan PT PLN (Persero), fasilitas lainnya adalah beasiswa sebesar Rp6 juta untuk mahasiswa dengan IP tiga besar tertinggi di kelasnya.

Kemudian PKL atau magang, langsung pada Rayon PT PLN (Persero) di seluruh Sumatera Barat, dan selama magang atau PKL, mahasiswa kelas kerjasama itu juga diberikan uang saku Rp800 ribu per bulan.

“Selain dapat beasiswa dari PLN, mereka juga berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa lainnya, karena hak mahasiswa kelas kerjasama itu sama dengan mahasiswa-mahasiswa PNP lainnya,”terang Anton.

Sementara itu, Plt Manajer Pengembangan SDM Unit Induk PT PLN Wilayah Sumatera Barat Misran Hasra mengatakan, penerimaan mahasiswa kelas kerjasama ini sama dengan rekrutmen karyawan PT. PLN (Persero), dengan melalui tahapan tes akademik yang dilakukan oleh PNP.

“Setelah mengikuti tes akademik dari PNP, baru dilakukan seleksi psikotes secara online, kemudian tes kesehatan (fisik), tes lab (cek darah), dan terakhir tes wawancara. setelah itu, barulah mereka kuliah di PNP melalui kelas kerjasama,”pungkasnya.(*)

banner 468x60

Related Posts