MAHASISWA UNS IKUT BERPERAN DALAM PENCEGAHAN COVID-19

 Opini

Uns1Di masa Pandemi Covid-19 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan terobosan baru dalam melakukan pencegahan agar penyebaran virus tidak menyebar dengan cepat. Peran aktif dan partisipasi dari Unversitas Sebelas Maret melalui mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan menjadi relawan di sekitar tempat tinggal mahasiswa tersebut.

Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu daerah yang terdampak Covid-19, mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang melaksanakan KKN tersebar di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Barat.

Uns2Diantaranya adalah: Novely Elfiria Lubis (M0117053) dan Fransiska Oktavia Br Hombing (K5117033) yang melaksanakan KKN di wilayah Kelurahan Tarok Dipo, Kecamatan Guguk Panjang, Bukittinggi. Ridwan Yoga Pratama (E0017404)  melaksanakan KKN di wilayah RT/RW 02/02 Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

Berikutnya, N.Fauziatul Husni (I0517061) di wilayah RT/RW 05/04 Kelurahan Parit Rantang Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh. Nurul Fajri (E0017361) di wilayah Jorong Mudiak, Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Dikarenakan kondisi Pandemi Covid-19, pelaksanakaan Kuliah Kerja Nyata mengalami perubahan, dimana mahasiswa dituntut untuk melakukan kegiatan mandiri di desa/lingkungan tempat tinggal masing-masing. Dimana pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara individu dan dapat pula dilaksanakan dengan membentuk team dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Uns3Adapun penggunaan metode dalam KKN ini memaksimalkan penggunaan media sosial serta media pendukung lainnya yang dapat memberikan edukasi dan sosilasasi di masyarakat. Mahasiswa harus mampu memberikan edukasi dan pemahaman di masyarakat mengenai bahaya dan bagaimana cara menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

Tidak hanya melalui metode daring/online, agar kegiatan edukasi dapat maksimal. Mahasiswa/i melaksanakan kegiatatan dengan terjun langsung ke lokasi KKN dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada, seperti melakukan penemlenan poster, pembuatan tempat mencuci tangan, membagikan hand sanitizer, membagikan masker, melakukan sterilisasi tempat umum/keramaian, serta kegiatan lainnya.

Uns4Kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilaksanakan oleh Universitas Sebelas Maret diharapkan dapat memberikan dampak yang positif di masyarakat, dapat mampu mencegah penyebaran virus Covid-19 serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran di masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat serta menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan terhadap virus. (*)

banner 468x60

Related Posts