Lolos Ke PON, Perbasi Sumbar Intip Peluang Raih Medali

 Olahraga

IMG-20190820-WA0004

Padang – Tim bola basket 3×3 putri Sumatera Barat dipastikan lolos ke arena Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, setelah berhasil memenangkan dua pertandingan di Kejurnas Pra PON 2019, yang dilaksanakan di Gor Kemenpora Jakarta Pusat.

Tim bola basket Ranah Minang merupakan provinsi kedua tiket menuju pesta olahraga terbesar Tanah Air itu, dari 12 tim yang berlaga guna memperebutkan tujuh tiket.

Di pertandingan perdana menghadapi Jogjakarta, Sumbar berhasil memenangkan pertarungan tersebut. Sementara di pertandingan kedua, Sumbar juga berhasil mengandaskan Kalimantan Barat.

Ketua Pengprov Perbasi Sumbar Roni Yenes mengucapkan apresiasi kepada seluruh pemain yang telah bekerja keras hingga detik akhir pertandingan, di setiap laga yang dimainkan.

“Alhamdulillah kita mendapat tiket lolos PON di slot 2. Artinya tim kedua yang dipastikan meraih tiket PON karena menang di dua pertandingan dengan sistem ‘do or die’. Sistem 3×3 ini tidak ada rangking,”jelas Roni.

Untuk tim yang lolos ke PON dirinci Roni ada tujuh tim melalui Kejurnas Pra PON dan satu tim tuan rumah. Selain Sumbar, tim yang lolos ada Papua, Jawa Tengah, Bali, DKI, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Berbicara peluang membawa pulang medali di nomor ini diakui Roni sangat besar, dengan presentasi 50 persen tim Sumbar bisa membawa emas, 60 persen bisa membawa medali perak, serta 70 persen medali perunggu.

Presentase yang diungkapkan Roni bukan hanya sekedar ilusi, namun Ia sudah melihat langsung permainan tim lawan ketika di Kejurnas Pra PON lalu dan telah mengetahui kekuatan lawan.

“Saya melihat di Pra PON kemarin Bali dan DKI kuat. Ada Jateng juga sebagai kuda hitam. Namun pada dasarnya semua kekuatan tim imbang. Insya Allah Sumbar bisa membawa pulang medali,”ujar Roni dengan nada optimis.

Pihaknya bertekad bisa menghadirkan sejarah baru bagi bola basket Ranah Minang, dengan memperoleh medali di arena PON mendatang.

“Sepanjang Indonesia merdeka, bola basket Sumbar belum pernah meraih medali. Inilah saatnya kita ciptakan rekor dan sejarah baru bagi basket Sumbar,”tutup Roni berseloroh.(ridho)

banner 468x60

Related Posts