Kementrian PUPR Peduli kebersihan Danau Cimpago Kota Padang

 Nasional

IMG_20180515_151209

Padang – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ditjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera V (BWSS V) sangat peduli dengan kebersihan dikawasan Danau Cimpago. Hal ini dibuktikan dengan melakukan kegiatan Aksi Cimpago Bersih, Selasa (15/5) di kawasan wisata Pantai Padang.

Kegiatan bersih-bersih danau yang melibatkan seluruh pegawai BWSS V juga menggandeng unsur dari Pemerintah Kota Padang, Dinas PSDA Sumbar, Anggota TNI 0312 Padang, Komunitas Peduli Sungai, serta masyarakat disekitar.

Bentuk kepedulian itu diperlihatkan dengan aksi nyata melakukan penanaman pohon, penebaran 15 ribu benih ikan, goro bersama membersihkan danau serta areal sekitar danau, serta pemasangan tanda larangan buang sampah.

IMG_20180515_151112

Kepala BWSS V Maryadi Utama mengajak kepada pedagang dan masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan danau. Sebab jika danau bersih, maka akan mendatangkan rezeki baru bagi masyarakat sekitar.

Balai Wilayah Sungai Sumatera V hanya memfasilitasi taman edukasi bencana beserta bangunan literasi dengan nilai Rp 1,7 miliar yang baru saja diresmikan beberapa minggu lalu oleh Kepala BNPB.

“Dimohon kepada masyarakat untuk merawat dan memanfaatkan fasilitas ini dengan baik. Mari bersama sama berbuat untuk kebersihan Danau Cimpago demi kemaslahatan hidup masyarakat. Danau bersih, rezekipun akan menjadi berlimpah,”ujar Maryadi Utama.

IMG_20180515_151122

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Padang Al Amin mengucapkan terima kasih kepada Kementrian PUPR yang selama ini telah peduli dengan kebersihan dan keindahan Danau Cimpago.

Dengan bersihnya Danau Cimpago diharapkan mendatangkan banyak wisatawan, roda perekonomian masyarakat sekitar menjadi lebih bergerak kencang dan menambah PAD bagi Kota Padang.

Tak hanya Danau Cimpago yang menjadi perhatian, lima sungai besar yang mengalir di Kota Padang pun juga saat ini sedang dibenahi Kementrian PUPR. Kelima sungai yang sedang diperbaiki yakni Batang Kuranji, Batang Timbulun, Batang Kandis, dan Batang Arau.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Kementrian PUPR yang sudah membantu kebersihan Danau Cimpago. Kalaulah tidak dibantu, mungkin Danau Cimpago tidak sebersih ini,”ucap Al Amin.

Pemko Padang juga berharap Kementrian PUPR mau membantu dalam penyediaan bak kontainer sampah untuk ditempatkan disekitar Pantai Padang. Agar sampah dari.pedagang dan pengunjung bisa ditampung sementara di bak kontainer sampah, setelah penuh baru dibuang ke TPA Air Dingin.(ridho)

banner 468x60

Related Posts