Kemendes PDTT Bantu Pasbar Alat EWS Pendeteksi Banjir

 Nasional

 

Kemendes PDTT Bantu EWS untuk Pasbar

IMG-20181216-WA0027
PASBAR – KabupatenPasaman Barat salah satu kabupaten yang rawan banjir saat ini. Kementerian Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDT) memberikan bantuan pendeteksi dini banjir dengan alat Early Warning System’ (EWS).

Erly Warning System (EWS) untuk Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) diserahkan Direktur Jendral PDTU Ir. Aisyah. MM dan Staf Khusus Menteri Desa PDTT Febby Datuk Bangso, diterima Asisten Pemerintahan Edy Murdani SH dan Kepala BPBD Tri Waluyo, di kantor Kenagarian Aia Gadang Kecamatan Pasaman, Sabtu (15/12) lalu.
Menurut Edy Murdani, terkadang bencana alam menjadi tolok ukur sebuah pembangunan.

“Bagaimana suatu daerah bisa kembali pulih dan bangkit setelah bencana terjadi. Kemampuan untuk memulihkan diri tentunya bukanlah pekerjaan sesaat. Perlunya kerjasama, koordinasi pengendalian dan juga perencanaan termasuk didalam pengawasan,”ujar Edy Murdani.

21-10-20-WhatsApp-Image-2018-05-13-at-13.44.29

Ia menambahkan, bencana apapun menjadi tanggung jawab bersama, bukan saja pemerintah saja. Namun, semua elemen masyarakat.

“Disini kita pahami bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga swasta ataupun masyarakat serta lembaga terkait lainnya. Sebagai pemerintah tentu kita akan memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat terkait dengan bencana, baik sebelum bencana maupun saat pasca bencana,”ungkapnya.

Selain itu, katanya pentingnya melakukan pencegahan dan kesiapsiagaan bencana, besar manfaatnya sebelum bencana terjadi.

“Kita sudah siap siaga untuk menghadapi dan mengurangi resiko bencana. Seperti pada tanggal 11 Oktober 2018, Pasbar berduka dengan terjadinya bencana banjir dan longsor dengan dampak bencana dengan kerugian materil non materil. Atas nama Pemerintah Daerah Pasbar kami ucapkan terima kasih yang tidak terhingga atas bantuan dan partisipasi pihak kementrian yang peduli akan bencana yang di alami daerah kami,”tuturnya.

Menurut Direktur Jendral PDTU Ir. Aisyah MM dan Staf Khusus Mentri Febby Datuk Bangso Early Warning System (EWS) atau peringatan dini merupakan sebuah tatanan penyampaian informasi hasil prediksi terhadap sebuah ancaman kepada masyarakat sebelum terjadinya sebuah peristiwa yang dapat menimbulkan resiko.

“EWS bertujuan untuk memberikan peringatan agar penerima informasi segera siap siaga dan bertindak sesuai kondisi, situasi dan waktu yang tepat,”jelas Dirjend PDTU Kemendes Ir Aisyah.

Setelah acara di kantor wali nagari rombongan kementrian tersebut langsung dijamu Bupati Pasbar Syahirsn di rumah dinas untuk agenda bincang-bincang dan makan siang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pasaman Andre Afandi, Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat.(h/ows)

banner 468x60

Related Posts