Inovator Semen Padang Borong Empat 3 Stars pada Ajang APQO-IC di Bali

 Ekobis

IMG-20191016-WA0008

PADANG, 15/10/2019 – Tim inovasi PT Semen Padang berhasil meraih prestasi gemilang di ajang Asia Pacific Quality Organization (APQO) International Conference ke- 25 di Bali 14 – 16 Oktober 2019. Pada iven yang diikuti sebanyak 700 orang peserta dari 300 lebih perusahaan dari 19 negara itu, empat tim yang dikirim Semen Padang semuanya berhasil meraih 3 Stars, anugerah tertinggi pada ajang tersebut.

Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri menyatakan bersyukur atas pencapaian yang telah diraih empat tim Semen Padang tersebut. “Alhamdulillah, ini prestasi yang membanggakan dan pantas kita syukuri. Oleh karena itu, kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua tim inovasi yang tampil dan segenap pihak terkait yang telah mendukung kegiatan ini,” kata orang nomor satu Semen Padang itu, Selasa (15/10/2019).

Dia mengatakan, prestasi yang telah diraih pada ajang ini diharapkan dapat menjadi pemicu inovasi-inovasi lainnya di Semen Padang.”Keberhasilan ini harus ditularkan pada jajaran insan perusahaan lainnya, sehingga mendorong semangat untuk berinovasi,” tambahnya seraya mengatakan bahwa inovasi selama ini telah berkontribusi meningkatkan profit perusahaan.

Menurut Yosviandri, manajemen sangat mendukung segala bentuk inovasi yang dilakukan insan perusahaan, karena merupakan salah satu “competitive advantage” bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Senior Total Productive Maintenance (TPM) Officer PT Semen Padang Fery Sarvino menambahkan, poin penting pencapaian tim inovasi ini secara teknis adalah penerapan kaidah inovasi yang tepat seperti alur Plan, Do, Check, Act/PDCA-nya. Selain itu dukungan dari manajemen seperti masukan-masukan yang diberikan pada saat paparan di depan Board of Director (BOD), juga menjadi poin penguatan bahan presentasi tim.
“Pastinya program pelatihan yang kita siapkan selama 3 bulan menjadi kata kunci keberhasilan tim, ‘practices make it better’,” ulasnya.

Pada APQO di Bali ini, Semen Padang mengirim empat tim, yakni, SS TAGEH 23, QCP BRIDGE, QCP MOBILE BRIDGE dan QCC THE ROLLER. Tim yang dikirim ini merupakan merupakan para peraih Gold pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktifitas Nasional (TKMPN) ke-22 di Batam pada 2018 lalu.

APQO yang merupakan organisai otonom, non-politik, non-profit, dan organisasi ilmiah yang berdomisili di kawasan Asia Pasifik, setiap tahun menyelenggarakan konferensi.

Pada September 2019 lalu, Semen Padang juga mengirim tim yang berhasil meraih predikat “Gold” pada International Convention On Quality Control Circle (ICQCC) di Tokyo.

Semangat melakukan improvement dan inovasi di PT Semen Padang tidak pernah surut. Guna mewadahi hal itu, PT Semen Padang dan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, mewadahi hal tersebut. Di Semen Padang setiap tahun digelar Semen Padang Improvement Event (SPIE). Bagi yang meraih prestasi diikutkan pada ajang kompetisi inovasi di group Semen Indonesia, yakni Semen Indonesia Award On Innovation (SMI-AI). Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional.

APQC ke-25 dan IQPC 2019 dibuka Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemnaker Bambang Satrio Lelono, mewakili Menteri Tenaga Kerja RI. (*)

banner 468x60

Related Posts