Inilah Mekanisme Turnamen Minangkabau Cup 2017

 sepakbola

minangkabau-cup

Padang – Turnamen Minangkabau Cup 2017 bakal berlangsung 12 Februari sampai 21 Mei mendatang. Iven yang digelar oleh Spartan Enterprise dengan tagline ‘bakti untuk nagari’ memiliki mekanisme yang berbeda dibandingkn Irman Gusman Cup 2016.

Wakil Ketua Pelaksana Hardimen Koto kepada wartawan Minggu (21/11) mengatakan ada empat tahapan pertandingan yang dilaksanakan dalam turnamen kali ini.

Tahapan pertama adalah fase kualifikasi. Dimana dalam fase ini diikuti kecamatan dari 19 kabupaten dan kota se Sumbar. Pelaksanaan turnamen sendiri dilaksanakan di daerah masing-masing.

Apabila di setiap kota dan kabupaten mengikutsertakan 2-8 tim, yang lolos ke putaran final hanya satu tim saja. Jika mengikutsertakan 9-14 tim, yang lolos ke putaran final dua tim. Serta 15-17 tim yang ikut, lolos ke putaran final tiga tim.

“kalau tahun lalu masing-masing kabupaten dan kota mengutus satu tim juara di masing-masing daerah. Hal ini terasa kurang adil bagi kita. Karena ada daerah yang kecamatannya banyak, ada daerah yang kecamatannya sedikit,”ucap Hardimen.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, tahapan kedua adalah fase putaran final. Dalam fase ini ada 32 tim yang bertanding yang dibagi dalam delapan grup. Tempat penyelenggaraan masing-masing grup akan berbeda.

Tahapan ketiga yakni fase perempat final. Dalam fase ini yang akan bertanding adalah 8 tim yang dibagi menjadi 2 grup. Tempat penyelenggaraanya akan diumumkan usai fase kedua selesai. Namun yang jelas di fase ini Kota Padang tak masuk dalam tempat penyelenggaraan di fase ini.

Fase terakhir adalah semifinal dan final yang akan dilangsungkan di Stadion H.Agus Salim yang notabene adalah stadion kebanggaan masyarakat Sumbar pada 20-21 Mei mendatang.

“Mekanismenya jauh berbeda dengan penyelenggaraan IGC Cup 2016. Mekanisme seperti ini sengaja kita buat, agar penyelenggaraan lebih fair dan lebih kompetitif,”pungkasnya.

banner 468x60

Related Posts