Harganas Sebagai Momentum Perenungan Berharganya Keluarga

 Sumbar

IMG-20180629-WA0022

PADANG – BKKBN Sumbar gelar senam pagi bersama duta Genre di Tugu Perdamaian Muaro Lasak Pantai Padang, Jumat (29/6). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Harganas XXIV tahun 2018. Peringatan Harganas XXV ini diperingarti setiap 29 Juni dan di Sumbar dimotori oleh BKKBN.

“Banyak kegiatan dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Harganas XXIV tahun 2018. Ada beberapa kegiatan seperti senam bersama yang dimotori remaja genre Sumbar. Kemudian upload foto foto keluarga kepada pejabat negara dari gubernur sampai Presiden. Artinya mengingatkan 29 Juni merupakan hari keluarga berdasarkan keputusan Presiden No. 36/2014 tentang Harganas,”ujar Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Syahruddin.

Dikatakan Syahruddin, puncak peringatan Harganas XXV tingkat nasional akan dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara, tanggal 7 Juli mendatang. Secara nasional juga banyak rangakaian kegiatan dilaksanakan jelang hari puncak peringatan Harganas nanti.

“Harganas dihadiri Presiden Jokowi. Rangkaian kegiatan di di tingkat nasional ini dimulai dari tanggal 3 hingga 6 Juli lalu dilanjutkan dengan puncaknya 7 Juli,”kata Syahrudin.

Sedangkan, hari puncak peringatan Harganas di Sumbar akan dipusatkan di Kabupaten Padan Pariaman, 23 Juli mendatang, yang akan dihadiri Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno.

“Harganas adalah peringatan Hari Keluarga se nasional, maka diharapkan kepada ayah dan ibu agar menyisakan hari sehari atau dua untuk bersama sama keluarganya.Karena keluarga merupakan komunitas yang sangat berharga bagi orangtua dan anak anak,” ujar Syahruddin.

Pada peringatan Harganas tahun ini diharapkan kepada masyarakat Sumbar menjadikan momentum sebagai perenungan begitu berharganya keluarga bagi masing masing anggota keluarga. Maka diharapkan untuk memperhatikan keluarga sesuai nilai nilai agama dan normatif di tengah tengah masyarakat.

Ia juga sampaikan, Harganas juga menjadi sangat penting dan strategis, mengingat peran keluarga sebagai pilar utama dalam pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang makmur dan sejahtera.  Tahun 2018 ini merupakan Hari Keluarga Nasional XXV, yang memiliki semangat untuk meraih Indonesia emas tahun 2045.

Seperti diketahui, Harganas XXV 2018 mengambil tema “Hari Keluarga : Hari Kita Semua”, dengan tagline“Cinta Keluarga Cinta Terencana”. Peringatan hari keluarga dimaksudkan agar maknanya dapat dipahami oleh seluruh keluarga dan benar-benar bisa dinikmati. Hari keluarga juga mengingatkan kembali tentang pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga. (ridho)

banner 468x60

Related Posts