Gubernur Apresiasi Penyelenggaraan Porprov XIV

 Olahraga

api-obor-porprov

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengapresiasi Kota Padang sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV karena mampu menyelenggarakan pekan olahraga tersebut dalam kondisi keuangan yang terbatas.

“Saat ini terjadi pemotongan anggaran dari Pemerintah Pusat baik kepada provinsi maupun kabupaten dan kota di Indonesia,” kata Irwan Prayitno saat pembukaan Porprov XIV Sumbar di Padang, Sabtu malam (19/11).

Ia mengatakan meskipun ada pemotongan namun Pemerintah Kota Padang dapat menyelenggarakan Porprov XIV Sumbar tepat waktu bahkan pembukaan pekan olahraga tersebut diselenggarakan dengan meriah.

Oleh karena itu, lanjutnya para atlet harus dapat memanfaatkan pekan olahraga yang diselenggarakan dua kali setahun tersebut dengan prestasi dan berbagai pengalaman.

“Namun atlet juga harus jujur dalam bertanding karena apabila juara maka akan merasakan suatu kebanggaan tersendiri,” ujarnya.

Ia berharap melalui Porprov tersebut akan lahir atlet-atlet yang dapat menjuarai pekan olahraga baik tingkat nasional maupun internasional sehingga dapat meningkatkan nama baik daerah tersebut.

Sementara itu, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bertekad menjadi tuan rumah Porprov terbaik dengan memberikan pelayanan kepada kontingen dari berbagai kabupaten dan kota yang mengikuti pekan olahraga tersebut.

“Suksesnya Kota Padang sebagai tuan rumah juga disebabkan partisipasi masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat yang menyediakan kasur dan bantal untuk para atlet Porprov.

Selain itu, lanjutnya masyarakat juga ikut berpartisipasi memeriahkan Porprov dengan menjual makanan, minuman serta berbagai pakaian dan barang yang lainnya.

Sekretaris Umum Porprov XIV Sumbar Afriandi mengatakan dana penyelenggaraan Porprov XIV Sumbar yaitu Rp52 miliar yang terdiri dariRp47 miliar berasal dari anggaran, Rp3,5 miliar dari Pemerintah Provinsi, dan Rp1,5 miliar dari kontribusi kabupaten dan kota yang mengikuti pekan olahraga tersebut.

“Untuk pembukaan Porprov sekarang kami menganggarkan dana sebesar Rp2 miliar,” katanya. (*)

banner 468x60

Related Posts