Gashuku Lemkari Sumbat Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Tanah Datar

 Olahraga

IMG_20171226_184618

Padang — Karateka sabuk hijau hingga sabuk coklat serta 50-an anggota Majelis Sabuk Hitam menyerbu desitnasi wisata Tanah Datar. Lima ratusan anggota perguruan Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari) dari dari tingkat dojo sampai Cabang di kabupaten dan kota seluruh Sumatera Barat mengikuti Gashuku dan Ujian Kyu dari Sabtu hingga Senin (23-25/12)

Dalam keterangan pers Ketua Umum Lemkari Pengda Lemkari Sumbar, Drs. H Firdaus Ilyas MM, Selasa (26/12) menjelaskan pembukaan kegiatan Gashuku Daerah dan Ujian Kenaikan Tingkat/KYU Lemkari Sumbar berlangsung di Lapangan Sepakbola SMA 2 Batusangkar, Tanah Datar dengan pembina upacara Bupati Tanah Datar, Drs H Irdinansyah Tarmizi diwakili Kadisparpora, Edi Susanto, SH MM.

Kadisparpora Tanah Datar menyampaikan apresiasi kepada Pengda Lemkari Sumbar atas ditunjukannya Pengcab Lemkari Tanah Datar dalam menyelenggarakan iven Gashuku Daerah dan Ujian KYU Lemkari

“Rasa bangga dan terima kasih pula saya sampaikan kepada segenap panitia yang telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran kegiatan Lemkari Sumbar ini di Tanah Datar,” katanya

Diungkapkanya juga pesan Bupati Tanah Datar bahwa Karate-Do sebagai olahraga yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, sportivitas dan saling menghormati satu sama lain, melalui Gashuku Daerah dan Ujian Kyu di Tanah Datar paling tidak meningkat semangat generasi muda Tanah Datar untuk menekuni olahraga yang sudah mengharumkan harum Tanah Datar di pentas olahraga Sumbar.

Firdaus Ilyas mengatakan rasa bangga dan berharap dari Gashuku Daerah, yang bertujuan sebagai penyeragaman teknik dari tingkat dojo sampai Cabang di kabupaten dan kota seluruh Sumatera Barat. Selain itu, juga menjadi sarana untuk berlatih dan rekreasi.

“Dengan berlatih di alam bebas, diharapkan tercapai keselarasan dengan alam dan merasakan perbedaan dengan latihan di tempat biasa. Apalagi berlatih dalam suasana panorama alam Tanah Datar yang indahkadar oksigen lebih tipis, metabolisme akan dipacu ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Firdaus Ilyas Karateka DAN VI ini.

Dalam rangkai Gashuku yang diikuti karateka utusan dojo, sekolah, instansi dan Pengurus Cabang Lemkari se-Sumbar, para karateka berekreasi ke destinasi wisata yang ada, seperti ke Istano Basa Pagaruyuang dan lainya.

Ketua Pengcab Lemkari Tanah Datar Ipda. Syahbudin, selaku Ketua Panitia dalam laporannya menjelaskan ada 500-karateka yang mengikuti ujian kenaikan tingkat menuju sabuk biru dan sabuk coklat serta persiapan Ujian DAN I yang berasal dari 13 Kabupaten dan Kota. Sedang tim penguji dari Pengda Lemkari Sumbar, yang dipimpin H Syamral, SH Karateka DAN IV.(ag)

banner 468x60

Related Posts