FKIK-SP Berbagi Pabukoan dan Mukena untuk Masjid dan Panti Asuhan di Kota Padang

 Ekobis

IMG-20180526-WA0011

PADANG – Bulan Suci Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT. Di bulan ini juga, segala amal kebaikan juga dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sebagi bentuk berbagi terhadap sesama di bulan ini, Forum Komunikasi Istri Karyawan Semen Padang (FKIK-SP) mengadakan kegiatan berbagi wakaf dan pabukoan ke sejumlah masjid dan panti asuhan yang ada di Kota Padang.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan berbagi wakaf dan pabukoan di bulan baik ini. Pabukoan yang kita bagikan ada 362 paket dan 290 helai mukena yang tersebar di lim masjid dan satu panti asuhan di Kota Padang,” kata salah seorang penasehat FKIK Rezi Thamrin usai menyerahkan wakaf mukena dan pabukoan di Masjid Nurul Iman, Kota Padang, Jumat, 25 Mei 2018.

Kegiatan yang digagas oleh pengurus FKIK ini akan berlangsung selama Ramadan. “Kegiatan ini berlangsung setiap hari Jumat selama Ramadan. Setiap hari jumat kita kan turun dan bagikan langsung pabukoan ke masjid-masjid yang telah kita survei terlebih dahulu. Fokus utama kita pada masjid-masjid yang berada di dekat pasar dengan jamaah yang lebih banyak, dan mukena yang diwakafkan juga lebih bermanfaat,” katanya.

Ia menambahkan untuk dana atau donatur dari kegiatan ini murni datang dari anggota FKIK. “Kegiatan yang baru pertama kali digelar ini mendapat sambutan yang luar biasa. Ibuk-ibuk tergerak hatinya untuk menyumbang dan berbagi terhadap sesama,” jelasnya.

Dijelaskannya, hingga saat ini pihaknya masih menerima donasi dari pihak yang masih ingin berbagi. Untuk paket pabukoan seharga Rp 40 ribu dengan rincian takjil, buah dan nasi kotak. Sedangkan untuk mukena, per helainya seharga Rp 150 ribu.

“Untuk hari ini, ada lima masjid dan satu panti asuhan yang kita kunjungi, yakni Masjid Nurul Iman dengan 30 Pabukoan dan 20 Mukena, Masjid Taqwa; 25 Pabukoan dan 25 Mukena, Masjid Muhajirin Belakang Rocky dengan 20 Pabukoan dan 20 Mukena, Masjid Plaza Andalas dengan 25 Pabukoan dan 20 Mukena, Masjid Adiqatul Iman Tunggul Hitam sebanyak 15 Mukena, dan Panti Asuhan Anak Mentawai Mata air 70 Pabukoan,” tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia Ramadan Masjid Nurul Iman Padang, Ahmad Lidra mengucapkan syukur dan terima kasih atas donasi dari FKIK-SP. “Semoga donasi ini bermanfaat dan membawa berkah untuk pihak keluarga besar Semen Padang dan juga pihak yag menerimanya. Bermnafaat dan berhagia didunia dan dibalas dengan surga Allah SWT di akhirat nantinya,” katanya.

Dikatakannya, kegiatan Ramadan di Masjid Raya Nurul Iman diwali dengan kajian sore pada pukul 17.45 Wib. Kajian sore ini menghadirkan pihak luar yang berkompetensi dibidangnya. “Setiap harinya ada kajian yang berbeda. Untuk Senin, kita membahas soal Tafsir Pilihan, Selasa soal Akhak, Rabu soal Hadist Pilihan, Kamis soal Wawasan Islamiah, Jumat soal Fiqih Puasa, Sabtu soal Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Minggu soal Shirah Nabawiyah,” jelasnya.

Diakui Ahmad, setiap harinya ada 200 pabukoan yang disediakan oleh pihak masjid. “100 dari dana masjid dan 100 lagi dari donatur. Sehingga dengan adanya donasi pabukoan dari pihak FKIK-SP ini bisa membantu dan bermanfaat bagi jamaah yang berbuka puasa disini,” jelasnya.

Ia berharap semoga kegiatan ini berjalan rutin sehingga berbagi terhadap sesama menjadi hal yang berjalan dengan baik dan tentunya bermanfaat untuk sesama. (*)

banner 468x60

Related Posts