Dukung Semarak Ramadhan, PT Semen Padang Kucurkan Rp 302 Juta

 Ekobis

IMG-20180611-WA0024

PADANG  – PT Semen Padang melalui Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, mengucurkan anggaran sebesar Rp 302.125.000 untuk mendukung program Semarak Ramadan 1439 Hijriah yang digelar oleh 7 Forum Nagari di Kecamatan Lubuk Kilangan, serta Forum Pemberdayaan di Kecamatan Pauh.

“Tak hanya itu, bahkan sebagian anggaran tersebut juga digunakan untuk mendukung Semarak Ramadan yang diselenggarakan oleh dua Kelompok Peduli Sosial di Jalur Angktan Semen (JAS) yang diproduksi PT Semen Padang, serta Forum Pampangan Nan XX,” kata Staf CSR Semen Padang, Yaldi, Sabtu, 9 Juni 2018.

Di Lubuk Kilangan, jelas Yaldi, ada tujuh Forum Nagari yang menjalankan program Samarak Ramadan tersebut, dan forum itu berada di masing-masing kelurahan di Kecamatan Lubuk Kilangan. Untuk Forum Nagari Indarung, kaya Yaldi merinci, besar anggarannya Rp40,5 juta, dan Batu Gadang Rp39,3 juta lebih.

“Kemudian untuk Forum Nagari Kelurahan Padang Besi, anggarannya sebesar Rp28,6 juta lebih, untuk Bandar Buat Rp43,8 juta, Kelurahan Koto Lalang Rp34,8 juta, dan Tarantang Rp31,5 juta,” ungkapp Yaldi.

Sedangkan untuk Forum Pemberdayaan Lambung Bukit, lanjutnya, CSR Semen Padang mengucurkan anggaran sebesar Rp25,3 juta, dan untuk Forum Pemberdayaan Limau Manis Selatan Rp7,3 juta. Sedangkan untuk Forum Pampangan Nan XX, Ketua Karang Taruna Kota Padang itu menyebut anggaran yang dikucurkan sebesar Rp38,2 juta.

“Kemudian untuk Kelompok Peduli Sosial (KPS) Kubang Maju Bersama Limau Manis dan KPS Genta Bahari Teluk Bayur yang merupakan bagian dari program JAS, masing-masing KPS mendapat kucuran anggaran Rp5,6 juta untuk KPS Maju Bersama dan Rp6,7 juta untuk Genta Bahari,” bebernya.

Anggaran Rp302 juta itu, tambahnya, dipergunakan untuk tiga program yang ada pada Semarak ramadan, yaitu untuk masjid dan musala yang menyelenggaran Pesantren Ramadan, bantuan paket lebaran untuk Rumah Tangga Miskin (RTM), dan buka bersama antara perangkat forum dengan masyarakat.

Sementara itu, Local Comunity Organizer (LCO) Kecamatan Lubuk Kilangan, Zulmaidi Ihsan berharap agar pengurus Forum Nagari Kelurahan yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan, memanfaatkan dana untuk Semarak Ramadan itu dengan baik, dan tepat sasaran.

“Di program Semarak Ramadan itu kan ada paket lebaran untuk RTM. Saya berharap, masyarakat yang menerima bantuan paket lebaran itu memang masyarakat yang masuk kategori RTM,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, Forum Nagari di Kecamatan Lubuk Kilangan sudah berusia 4 tahun, dan sejak forum ini didirikan CSR Semen Padang, jumlah RTM di Lubuk Kilangan sudah dapat ditekan. Bahkan, ada kelurah yang angka RTM-nya menurun hingga 14 persen.

“Angka itu dapat ditekan, di antaranya melalui program KUN dan sejumlah program pemberdayaan yang dibuat, serta program pembangunan dan perbaikan insfrastruktur seperti saluran irigasi yang dapat memudahkan petani untuk mengelola lahan pertaniannya,” ungkap Zulmaidi.(*)

banner 468x60

Related Posts