BKKBN Integrasikan Kampung KB Dengan kemitraan se Sumbar

 Sumbar

IMG-20190822-WA0026

Padang – Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas Kampung KB. Berbagai upaya telah dilakulan, agar program yang telah dicanangkan Presiden joko Widodo di Cirebon Jawa Barat beberapa tahun lalu berjalan sesuai harapan.

Salah satunya melakukan peningkatan hubungan pengintegrasian kemitraan dengan pemangku kepentingan di daerah dalam rangka mendukung Kampung KB seantero Sumbar.

‘”Dengan sinergitas kemitraan di Kampung KB, diharapkan meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, dengan mengoptimalkan peran serta stakeholder dan mitra kerja dalam pelaksanaan Program KKBPK, khususnya Kampung KB,”kata Kepala BKKBN Perwakilan Sumbar Syahrudin di Padang, Kamis

Syahrudin tak memungkiri pelaksanaan Kampung KB memerlukan dukungan, sinergitas dan komitmen dari pemangku kepentingan serta mitra kerja. Seperti organisasi profesi, organisasi pendidikan, organisasi kepemudaan, perempuan, tokoh agama, dan peran swasta, tokoh adat, serta tokoh masyarakat.

Partisipasi semua pemangku kepentingan dan masyarakat diperlukan dalam pembentukan Kampung KB. Kerjasama dengan mitra akan memberikan peluang lintas sektor dalam memberikan pelayanan kepada keluarga dan masyarakat.

Agar integrasi yang tercipta secara operasional mulai dari tingkat pusat, daerah, serta lini lapangan bergerak cepat untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, serta meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Syahrudin memaparkan, Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan Program KKBPK. Dimana pengelolaannya diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat dalam memberdayakan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan Program KB yang bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya.

Dengan demikian, peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga, serta pembangunan sektor terkait bukan lagi sebuah keniscayaan.

Diharapkan dengan pertemuan ini, program KKBPK semakin meningkatkan keterlibatan seluruh stakeholder dan mitra kerja di Sumbar, dengan memperkuat kebijakan yang tertuang dalam kegiatan prioritas KKBPK Sumbar.(ridho)

banner 468x60

Related Posts