Berbagai Kegiatan Dihelat Dalam Kirab Pemuda Nusantara

 Sumbar

IMG-20180916-WA0010

PASAMAN- Pelakasanaan kirab pemuda dengan titik singgah di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman (Sumbar ) menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan 100 peserta Nasional. Sejumlah kegiatan mulai digelar tanggal 13-17 September 2018.

Kegiatan pelaksanaan kirab ini juga diikuti sekitar 965 peserta, terdiri dari masing-masing OPD, pelajar SD, SMP dan SMA sederajat, mahasiswa serta organisasi kepemudaan lainnya.

Event nasional kepemudaan itu diawali dengan pembukaan kirab Pemuda Indonesia tingkat nasional, Jumat (14/9) pukul 08.00 WIB, dan tarian kolosal.

Kemudian siangnya, dilanjutkan dengan kejuaraan Taekwondo se Sumatera dii GOR Tuanku Rao, pelaksanaan perkemahan pramuka dan apel akbar Kwaran se Kabupaten Pasaman di Gelora Tuanku Imam Bonjol.Pada hari Minggu 16 September 2018, pelaksanaan gerak jalan santai berhadiah.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda ( Dispora ) Sumbar Hj.Yulfina menuturkan, peserta upacara kirab pemuda diikuti sebanyak 30 OPD, 5 SMA, 4 SMP, 8 SD, Kwarcab Pramuka, PPI, KNPI, OKP, mahasiswa STIH Yappas dan STAI YDI Lubuk Sikaping.

“Jika ditotal peserta kirab ini akan diikuti lebih kurang 965 orang. Terdiri dari pelajar, mahasiswa, organisasi pemuda dan organisasi perangkat daerah (OPD),” ujar Yulfina.

Sumatera Barat yang diwakili Kabupaten Pasaman ditunjuk langsung untuk menjadi titik singgah Kirab Pemuda Indonesia tahun 2018 oleh Kementerian Pemuda dan olahraga (Kemenpora) RI. Kirab ini, merupakan program dari pemerintah pusat.

“Ada tiga hal penting dari penyelenggaraan Kirab Pemuda 2018 oleh Kemenpora.Yang pertama, ada peningkatan potensi pemuda. Yang kedua dan ketiga adalah kreativitas pemuda dan kewirausahaan pemuda,” terang Yulfina .

Kirab pemuda Indonesia ini menggelar berbagai kegiatan seperti, pawai, atraksi budaya kreatif, gala pemuda dan berbagai kegiatan lainnya yang sama dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia. Para pemuda ini datang dan berkumpul di Kabupaten Pasaman selama beberapa hari kedepan.

“Karena kita Sumatera Barat diwakili Kabupaten Pasaman ditunjuk sebagai daerah titik singgah, otomatis tuan rumah nanti akan banyak menggelar berbagai kegiatan yang dipandu langsung oleh panitia dari Dispora Sumbar serta Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pasaman,” urai Yulfina. (*)

banner 468x60

Related Posts