Bengkulu Diperkuat Perenang DKI Jakarta Hadapi Porwil X

 Olahraga

renang

Tuan Rumah Bengkulu menjelang Pekan olahraga wilayah Sumatera X (Porwil) dapat pinjaman atlet renang DKI Jakarta. Hadirnya atlet renang ibu kota membuat persaingan berlangsung sengit. Sebab, beberapa daerah yang mendominasi cabor ini bakal tergerus posisinya merebut emas.

Sebagai tuan rumah, Provinsi Bengkulu tak ingin dipermalukan. Untuk meningkatkan posisinya pada olahraga multi ivent se Sumatera, KONI Bengkulu mendatangkan atlet nasional berada di Pelatnas. Kehadiran atlet nasional tersebut tidak saja mengancam Sumbar juga provinsi lain seperti juara bertahan Riau.

Pada Porwil IX tahun 2015, Bengkulu berada pada urutan 9 dari 10 daerah, dengan perolehan medali 2 emas dan 2 perunggu. Sedangkan juru kunci dipegang Provinsi Kepulauan Riau dengan 1 emas, 2 perak dan 8 perunggu. Untuk mendongkrak perolehan medali tuan rumah menggunakan atlet DKI Jakarta. Apakah peminjaman atlet tersebut tidak melanggar aturan PB Porwil? “ Kata Felix C Sutanto peminjaman tersebut sudah persetujuan PB PRSI,” jelas Hendri RD pelatih renang Sumbar.

Selain Bengkulu yang diperkuat atlet pelatnas, Provinsi Aceh juga mendatangkan atlet yang malang melintang di cabor renang nasional. Kondisi ini otomatis perebutan medali berlangsung seru. Lalu bagaimana dengan peluang Sumbar?

“Meski berat, kita masih punya peluang meraih emas pada beberapa nomor. Prediksi saya minimal Sumbar bisa dapat tiga medali emas. Peluang itu pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu dan punggung. Sedangkan 4 kali 100 meter estafet putera, catatan waktu kita terbaik dibandingkan daerah lain,” ujar Hendri RD.

Sedangkan, nomor 200 meter gaya dada pada Porwil IX Babel dipegang perenang Sumbar atas nama Alfred. Sulit bersaing dengan perenang tuan rumah Bengkulu. Namun begitu, Hendri tetap optimis anaknya bakal meraih medali emas. Begitu juga dengan Albert yang turun pada nomor 100 meter gaya dada harus bersaing ketat dengan  perenang nasional.” Saat ini waktu mereka sudah ada peningkatan. Karena latihan secara spartan di kolam renang Mabes TNI Jakarta,” jelasnya.

Pada Porwil mendatang Sumbar mengandalkan perahian medali pada atlet, Alfred, Alber, Emily, Abrian dan Aldo. Mereka sudah melakukan latihan sejak lama ditempat masing-masing. Selamat berjuang, bikin bangga Ranah Minang! (almadi)

banner 468x60

Related Posts