Bantuan Logistik PT Semen Padang Untuk Korban Gempa Solsel Telah Sampai

 Ekobis

IMG-20190303-WA0002

PADANG ARO – Bantuan logistik PT Semen Padang untuk korban gempa Solok Selatan telah sampai di posko penanggulangan bencana gempa bumi di Kantor Camat Sangir Balai Janggo Sabtu dini hari, 2 Maret 2019. Bantuan tersebut diserahkan TRC PT Semen Padang ke pihak BPBD Solok Selatan.

Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri mengatakan bahwa sembako yang dikirim ke lokasi bencana gempa itu merupakan bagian dari program Semen Padang Peduli.

“Kita berusaha sebaik mungkin, semampu kita berupaya menjadi yang tercepat dan terbaik untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa bencana,” katanya.

Bantuan yang dikirim yakni sembako itu terdiri dari beras sebanyak 200 kilogram, mie instan 20 dus, dan sarden 2 dus. Kemudian, juga ada bantuan lain berupa minyak goreng ukuran 1 liter sebanyak 20 pcs, air mineral sebanyak 20 dus dan biskuit 20 kaleng. Selain itu, juga dikirim terpal ukuran 8×12 meter sebanyak 20 buah.

Kepala Biro Humas PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan bantuan yang dikirim sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan di lapangan.

“Informasi ini kita peroleh dari tim pertama yang berangkat pada Kamis pagi (28/2). Bantuan yang dibutuhkan di lapangan yakni terpal dan logistik. Bantuan logistik ini dikirim tadi malam bersama tim kedua TRC,” katanya saat dihubungi, Sabtu siang, 2 Maret 2019.

Ia mewakili manajemen PT Semen Padang, berharap agar bantuan sembako tersebut dapat meringankan beban para korban gempabumi yang mengguncang Solsel. “Bantuan paket sembako itu nantinya akan didistribusikan langsung kepada korban terdampak bencana oleh relawan TRC Semen Padang yang sejak Kamis kemarin sudah berada di lokasi gempa. Mudah-mudahan bantuan sembako ini dapat meringankan beban para korban,” ujar Anita.

Selain itu, TRC Semen Padang juga melakukan survei terkait kerusakan yang terjadi akibat gempabumi tersebut, dan juga berkoordinasi dengan pihak Kecamatan
Sangir Balai Janggo. Dari koordinasi itu, diketahui empat Nagari di Kecamatan Sangir terdampak.

Sekretaris BPBD Solok Selatan Sumardianto yang menerima langsung bantuan dari TRC Semen Padang menyampaikan terimakasih atas kepedulian PT Semen Padang terhadap korban gempa Solok Selatan.”Semen Padang telah memberikan bantuan dalam bentuk Sembako, dan juga mengirimkan personil TRC kemarin,” katanya.

“Kepedulian sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan mudah-mudahan ini menjadi amal ibadah,” tukasnya.

Empat nagari itu adalah Nagari Sungai Kunyit, Nagari Sungai Kunyit Barat, Nagari Talunan Maju dan Nagari Talao. Paling parah, yaitu di Nagari Sungai Kunyit. Di sana, terang Daski, sebanyak 18 KK yang terdiri dari 88 jiwa terdampak, dan di Nagari Sungai Kunyit Barat, terdapat 17 KK yang terdari 74 jiwa yang terdampak.

Kemudian di Nagari Talunan, terdapat 7 KK yang terdiri dari 30 jiwa, dan di Talao sebanyak 2 KK yang terdiri dari 8 jiwa.

“Sebagian besar dari korban terdampak gempa di empat Nagari itu, saat ini mengungsi di posko pengungsian, karena rumah mereka rusak sesang hingga berat,” kata relawan TRC Semen Padang Daski Wandi.

Seperti diketahui, selang berapa waktu setelah gempa, pada Kamis pagi (28/2/2019), PT Semen Padang dengan cepat mengirim Tim Reaksi Cepat ke lokasi bencana di Solok Selatan. Relawan yang berjumlah lima orang itu langsung berkoordinasi dengan BPBD Solsel, termasuk BPBD Sumbar yang sudah berada di lokasi bencana.

Setelah berkoordinasi dengan BPBD, TRC menuju lokasi terdampak gempa di Jorong Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo. Setiba di sana, TRC memasang alat penerangan di posko pengungsian yang telah dipasang boleh BPBD pada Jumat sore. (*)

banner 468x60

Related Posts