Bank Nagari dan PWI Sumbar Gelar Lomba Karya Tulis Wartawan

 Ekobis

23-54-30-20190219092741

Dalam rangka ulang tahun Bank Nagari Sumatera Barat ke- 57, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar bersama Banka Nagari menggelar lomba karya tulis untuk wartawan yang ada di Sumbar ini.

Ketua PWI Sumbar, Heranof menyebutkan, lomba kali ini, bertemakan “Kiprah Bank Nagari Membangun Sumatera Barat”.

“Dalam lomba ini kita meminta kepada wartawan untuk mengirimkan karya asli penulis, bukan plagiat, saduran dan tidak pernah diikutkan dalam lomba sebelumnya,” ungkap Heranof, Selasa (19/2/2019).

Untuk sebagai persyaratan kata Heranof, setiap peserta merupakan Jurnalis di Sumbar, kemudian hasil karya nantinya diterbitkan di media masing-masing seperti Cetak dan Online dalam rentang waktu pengiriman 1 Desember 2018 hingga 20 Maret 2019.

Lebih lanjut Heranof menjelaskan, terkait syarat dan ketentuan untuk mengikuti lomba tersebut seperti:

Ketentuan Umum:

1. Terbuka unutk Wartawan/ Jurnalis

2. Tulisan bisa berupa feature dan  artikel

3. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 karya dan bila menang, hanya satu karya yang diunggulkan

4. Naskah tidak mengandung unusr SARA dan pornografi

5. Hak cipta melekat pada penulis, namun Bank Nagari diberikan hak/ ijin unutk mempublikasikan setiap naskah yang diikutkan lomba unutk kebutuhan Bank Nagari dalam promosi.

6. Seluruh karya yang masuk ke panitia akan diseleksi oelh Dewan Juri, unutk mendapatkan 10 nominator, unutk kemudian akan dipilih 6 pemenang.

Untuk prosedur pengiriman naskah, kata Heranof peserta melampirkan biodata dan identitas yang jelas, lalu mengirimkan naskah asli berupa soft copy dan dilengkapi dengan bukti pemuatan di media yang bersangkutan. Bagi yang di media online, juga mengirimkan link berita yang sudah tayang.

Kemudian pengiriman naskah paling lambat pada 22 Maret 2019 yang dikirim melalui email PWI Sumbar, yakni (pwisumaterabarat@gmail.com).

“Nantinya pada lomba ini tim Dewan Juri berasal dari orang Perbankan, Akademisi dan Wartawan senior, kemudian pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilakukan pada akhir Maret 2019,” sebutnya.

Dalam perlombaan ini, lanjut Heranof, bagi pemenang Juara I akan meraih hadiah berupa uang sebesar Rp6.000.00, Juara II Rp4.000.000, Juara III Rp3.000.000, semua pemenang juga mendapatkan Tropi dan bingkisan.

“Tidak hanya juara 1,2 dan 3 kita juga menyediakan hadiah untuk 3 pemenang harapan yang masing-masing akan mendapatkan Rp1.000.000, beserta bingkisan,” pungkas Heranof

Sementara itu, Publikasi dan Humas Bank Nagari Pusat Sumbar, Aulia mengatakan dalam rangka HUT Bank Nagari ini, pihaknya bersam PWI mengapresisiasi wartawa dan para jurnalis di Sumbar dengan mengadakan lomba penulisan ini.

“Yang terpenting dalam mengikuti lomba ini tidak beranjak dari tema yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Aulia berharap, dengan karya-karya yang dilombakan nanti ada yang bisa dibawa ke tingkat nasional, dan juga bisa mempromosikan terkait program-program Bank Nagari.

Untuk keperluan bahan penulisan kata Aulia, para peserta biasa mengutip dari websitenya Bank Nagari atau bisa menghubungi bagian Publikasi dan Humas.(*)

banner 468x60

Related Posts