80 Orang Penderita Katarak Operasi Gratis di Universitas Andalas

 Sumbar

4

Padang – Masih dalam rangka perayaan Dies natalis ke 60 dan Lustrum XII, Universitas Andalas lakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memfasilitasi Pengobatan Mata dan Operasi Katarak Gratis bagi warga Kota Padang khususnya warga sekitar Kampus Universitas Andalas.

Pelaksanaan Operasi Katarak ini dapat terlaksana berkat kerjasama semua Fakultas Unsur kesehatan, baik itu Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, Fakultas Farmasi serta juga Poliklinik Unand.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga di sponsori oleh Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Unand tahun 1981 (KAFE 81) dan Andreas Sofiandi sebagai donator terbesar dalam kegiatan ini.Turut membantu juga dalam kesuksesan acara Dinas Kesehatan Kota Padang dengan 22 Puskesmas di Kota Padang yang telah membantu mencarikan pasien untuk diperiksa di Unand.

Pemeriksaan Mata dan Operasi Katarak ini dilaksanakan mulai dari sebulan yang lalu, dimulai dari tahap penyebaran leaflet, pendaftaran dan pendataan, tercatat ada sekitar 1400 orang yang terdaftar sebagai peserta, namun setelah dilaksanakannya Skrining pada peserta yang hadir, hanya sekitar 80 orang yang dinyatakan harus di operasi.

Prof. Dr. Rizanda Machmud, sebagai Ketua Pelaksana acara saat ditemui pada pelaksanaan Operasi Katarak mengungkapkan bahwa peserta yang mendaftar tersebut diluar dugaan, karena panitia sebelumnya hanya menargetkan sekitar 500 peserta saja, dan dari itu yang akan dioperasi hanya sekitar 20 orang saja, namun ternyata kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Kota Padang.

Dikatakan, antusias ini mungkin terjadi karena panitia memberikan fasilitas penuh pada calon pasien, mulai dari pencarian langsung para calon pasien dengan menghubungi puskesmas di daerah masing-masing, hingga tahap penjemputan langsung pasien ke puskesmas dengan menggunakan Bis Unand.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, bagi peserta yang tidak dinyatakan operasi namun memiliki penyakit mata lain, mereka juga diberikan fasilitas pemeriksaan mata dan kacamata gratis.

Pelaksanaan operasi katarak ini dilaksanakan pada hari sabtu, 24 September 2016 di Rumah Sakit Pendidikan Unand. Pelaksanaannya melibatkan dokter-dokter dari Fakultas Kedokteran yang tergabung dalam Persatuan Dokter Mata Indonesia, serta para perawat dari Fakultas Keperawatan, dan lainnya.

“Setelah dilaksanakannya Operasi, bagi pasien yang membutuhkan rawat inap, panitia juga menyediakan fasilitas rawat inap untuk satu hari sebelum pasien dipersilahkan pulang kerumah masing-masing. Untuk melakukan Kontrol setelah operasi, pasien akan diberikan kartu kontrol khusus untuk bisa melakukan kontrol di rumah sakit M.Djamil Padang tanpa harus mendaftar kembali,”ujarnya

Senada dengan itu Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Tafdil Husni, SE, MBA  mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini merupakan tugas perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat. Untuk itu dalam rangka Lustrum XII ini Unand melaksanakan operasi katarak dan kedepannya mungkin akan dijadikan sebagai kegiatan rutin.

“Tentu ini merupakan kegiatan mulia karena kita dapat membantu masyarakat khususnya yang perekonomian mereka lemah untuk dapat sembuh dari penyakit yang dideritanya,”pungkas Rektor.

banner 468x60

Related Posts